CARA DAFTAR GOOGLE ANALYTICS DAN SEARCH CONSOLE - WEBSITOES
News Update
Loading...

Minggu, 15 Desember 2019

CARA DAFTAR GOOGLE ANALYTICS DAN SEARCH CONSOLE

Cara Daftar Google Analytics dan Google Search Console
Artikel cara daftar google analytics dan search console ini dilengkapi dengan cara memasang kode keduanya di website serta cara mengintegrasikan akun keduanya.

Ini sangat penting untuk website, terutama website baru, baik website gratis maupun berbayar, baik dihosting di blogger maupun di wordpress.

Sekilas Google Analytics dan Search Console

Google Analytics merupakan produk google. Sebuah layanan gratis yang berguna untuk website, yaitu guna menampilkan statistik dan menganalisis perilaku pengunjung website, sehingga kita sebagai pemilik website dapat mengetahui keyword yang paling banya dicari dan dibutuhkan oleh netizen.

Dengan ini kita juga menjadi dapat memahami sejauh mana efektifitas konten yang sudah kita buat di website kita. Ini menjadikan kita lebih selektif memilih judul artikel nantinya.

Google Search Console adalah juga produk layanan gratis milik google. Gunanya adalah untuk membantu pengindeksan website dan semua konten yang ada di dalamnya, serta memberitahu kita sebagai pemilik website jika ada masalah-masalah serius yang dapat mempengaruhi keberadaan website kita di hasil pencarian google. Misalnya masalah breadcrumb yang harus diupdate.

Keduanya merupakan produk google yang sangat penting untuk diintegrasikan dengan website kita. Keduanya gratis, alias dapat dipergunakan oleh kita tanpa harus mengeluarkan biaya.

Sangat disarankan untuk website baru maupun website lama, agar bagus di search engine. Terutama jika anda ada minat kedepannya untuk menjadikan website anda sebagai website bisnis atau ingin diterima menjadi publisher google adsense

Untuk dapat menggunakan keduanya kita hanya perlu mendaftar > memasangkan kodenya di website kita > mengaitkan akun keduanya.

Cara Mendaftar Google Analytics dan Memasangkan Kodenya di Website Kita

  1. Kunjungi https://analytic.google.com, kemudian klik Daftar
  2. Masukan nama akun anda
    Nama ini boleh tidak sama dengan nama website anda, karena ini hanya nama akun anda di google analytic saja. Akun ini nantinya bisa dipergunakan untuk mendaftarkan lebih dari satu website. jadi jika anda memiliki website 10 misalnya, ketika website yang 10 itu mau anda kaitkan ke google analytic, maka akunnya bisa mempergunakan akun yang sama dengan akun yang akan anda daftarkan ini. Pada Setelan Berbagi Data Akun, biarkan semuanya dalam kondisi checklist seperti pada contoh gambar di bawah ini.
    Karena anda saat ini memang bermaksud untuk berbagi data akun, agar anda nantinya dibantu untuk menganalisis website oleh google analytic. Kemudian klik buat
  3. Seperti pada langkah sebelumnya, pada langkah ini juga tidak perlu merubah pilihan, tetapkan sebagaimana bawaannya yaitu web karena memang anda saat ini sedang daftar untuk dibantu menganalisis website. klik buat
  4. Pada langkah selanjutnya anda akan membuat properti analytic. inilah saatnya anda memasukan : nama situs, url situs, kategori situs dan zona waktu pelaporan.
    Untuk nama situs pada gambar ini mengambil contoh ANUARMYID. URL situsnya adalah https://www.anuar.my.id. Untuk kategori situs jika anda klik panah, maka pilihannya lumayan banyak. Pilih salah satu yang sesuai dengan situs anda. Selanjutnya zona waktu pelaporan, disana bawaan aslinya negara amerika, jika anda menggantinya dengan indonesia, maka zona waktu akan otomatis berubah menjadi jakarta. kemudian klik buat
  5. Setelah klik buat, maka anda akan dibawa ke halaman persetujuan. diminta untuk berkenan menyetujui 2 persetujuan, baca saja dulu dengan cara discroll, kemudian setujui.
  6. Jika semua langkah pendaftaran tadi sudah dilalui, maka kita akan mendapatkan kode UA-**********
    (kode itu pada gambar ini ditutup dengan garis warna hijau) nah copy kode itu, lalu buka halaman blogger>>>setelan>>>lainnya, scroll ke bawah ada kolom isian kode Google Analytic, pastekan pada kolom tersebut. 
  7. Kemudian kembali ke halaman gambar nomor 6, ada script yang dilingkari dengan lingkaran warna merah, susah nycrollnya ๐Ÿ˜ copy scriptnya kemudian buka halaman blogger>>>tema>>>edit HTML, cari kode </Head> pastekan script tersebut di atas kode </Head> kemudian klik simpan
  8. Pendaftaran dan pemasangan kode analityc sudah selesai. Selanjutnya tinggal mengaitkannya dengan Google Search Console.


Cara Mendaftar Google Search Console

Berikut ini adalah langkah-langkah cara mendaftar google search console :
  1. Kunjungi situs google search console. bisa langsung ketik urlnya, bisa ketik di kolom pencarian google, bisa langsung dari dasbor admin blogspot (jika nghost di blogger).
  2. Jika sudah di beranda google search console, klik mulai
  3. Kemudian anda akan dihadapkan pada halaman ini.
    Pada contoh gambar di atas, ada yang saya tandai kotak warna kuning dan ada yang saya tandai dengan kotak warna hijau. Jika pengguna wordpress, masukan url pada kolom kotak yang ditandai warna kuning. Jika pengguna blogger, masukan pada kolom kotak yang ditandai warna hijau. Kok beda? begini : karena yang nghost di blogger biasanya pakai www dan yang di wordpress biasanya tanpa www. kemudian klik terus
  4. Kemudian anda akan dibawa ke halaman verifikasi kepemilikan situs. Pada halaman tersebut anda akan diberi pilihan untuk menentukan cara google search console memverifikasi website milik anda. Menurut saya, akan lebih mudah jika anda Pilih HTML, agar mendapatkan script seperti waktu daftar google analytic.... copy dan pastekan seperti saat mengcopypaste script analytic, yaitu di atas </Head> template blogger, kemudian kembali ke halaman google search console dan klik verifikasi. Jika pemasangan script di template bloggernya benar, maka biasanya akan ada popup warna hitam "verifikasi berhasil!". Jika website anda di host di wordpress, pada tahap ini menurut saya akan lebih baik dibantu penggunaan plugin yoast, install plugin yoast, jika sudah diinstall kemudian aktifkan, cari kolom webmastertool dan pastekan kode verifikasi di kolom tersebut. Kemudian kembali lagi ke halaman situs google search console dan klik verifikasi. Jika pemasangan kodenya benar, maka biasanya verifikasi dinyatakan berhasil.
  5. Selesai. Tugas anda selanjutnya adalah menautkan google analytics dengan google search console.

Cara Mengaitkan Akun Google Analytics dan Akun Google Search Console

Cara mengaitkan akun google analitics dengan akun google search console sangat mudah. caranya adalah :
  1. Masuk ke situs google analitics.
  2. Klik Admin, maka akan sekaligus menampilkan akun analitics
  3. Kemudian Klik properti
  4. Klik setelan property. Scroll ke bawah, temukan tampilan menu seperti pada gambar di bawah ini. Kemudian klik Sesuaikan Search Console
  5. Kemudian anda akan dihadapkan pada tampilan seperti pada gambar seperti di bawah ini. Klik tambahkan
  6. Kemudian akan muncul daftar properti pada akun search console anda. klik salah satunya. Tentu saja pilihannya cuma 1 URL, karena anda baru mendaftarkan 1 website ๐Ÿ˜ Nah, klik tautkan
  7. Selesai. Sekarang akun analytic dan search console anda sudah berkaitan satu sama lain layaknya suami-istri ๐Ÿ˜sehingga data analytics dan data search console anda akan saling melengkapi dan bisa anda lihat di laporan keduanya
Itulah Cara Daftar Google Analytics dan Google Search Console. Semoga bermanfaat.

You Are What You Share

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done