CARA MENYAMBUNGKAN DOMAIN BARU KE BLOGGER - WEBSITOES
News Update
Loading...

Kamis, 12 Desember 2019

CARA MENYAMBUNGKAN DOMAIN BARU KE BLOGGER

Cara Menyambungkan Domain Ke Blogspot
Salah satu Cara Mengupgrade Website (Blog) Gratis ke Versi Berbayar adalah dengan mengganti domainnya yang tadinya namawebsite.blogspot.com menjadi namawebsite.com (atau .net, .org, .xyz, .store, .id, .co.id, .web.id, .biz, dan lain sebagainya)

Website ini juga awalnya adalah website gratisan, dengan URL https://justmonetize.blogspot.com. Kemudian saya mengupgradenya ke versi berbayar menjadi https://www.websitoes.com.

Tentunya untuk bisa mengupgrade ke versi berbayar, saya waktu itu harus membeli domain terlebih dahulu dari registrar atau webhosting.

Setelah saya membeli domain websitoes.com dan mengaktifkannya, kemudian saya menyambungkan domain baru tersebut ke blogspot. Dan berhasil. Sehingga artikel di website ini sekarang bisa anda baca.

Berapa kali saya berhasil menyambungkan domain baru ke blogspot? sampai saat ini, saat artikel ini dipublish, saya telah berhasil menyambungkan domain baru ke blogspot sebanyak 11 kali, 11 blog.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan tutorial caranya kepada anda. Saya yakin artikel ini akan sangat bermanfaat bagi anda.

Karena, tidak semua registar atau webhosting berkenan membantu proses menyambungkan domain baru ke blogspot.

Termasuk beberapa webhosting registrar dari 11 domain yang sudah saya sebutkan.

Bahkan saya pernah sampai berdebat panas dengan salah satu CS registar terkait suport yang diberikan kepada saya untuk proses menyambungkan domain tersebut.

Pada kasus yang pernah saya alami waktu itu, sebenarnya saya tidak bingung dengan cara menyambungkan domain baru ke blogspot. Yang membingungkan saya adalah :
  1. tampilan dasboard baru di webhosting tersebut yang menurut saya acak-acakan sehingga saya susah menemukan kolom ubah name server dan A record.
  2. Saya coba konsultasi via live chat, malah disuruh open ticket

Tapi biarlah itu menjadi pengalaman bagi saya. Salah satu cerita yang gara-gara itu saya jadi mencari tahu sendiri cara untuk menyambungkannya.

Mungkinkah anda mengalami pengalaman yang sama seperti saya? saya akan membantu anda membuatkan tutorial cara menyambungkannya.

Namun sebelum melakukan itu, pastikan terlebih dahulu bahwa anda memiliki akses ke 2 situs yang berbeda, yaitu :
  • Dasboard website gratis blogspot anda
  • Pengaturan DNS domain anda di dasboard registrar webhosting tempat anda membeli dan registrasi domain baru. 
Karena anda akan berinteraksi memindahkan data dari kedua situs berbeda tersebut.

Selanjutnya penting juga anda ketahui bahwa secara teknis cara custom domain blogspot atau menyambungkan domain ke blogspot di tiap webhosting, bisa saja berbeda. Namun pada dasarnya sama saja, yaitu :
  • Anda diharuskan mendapatkan 2 CNAME dari dasboard admin blogger
  • Anda diharuskan untuk menyesuaikan 2 Name Server di dasboard webhosting
  • Anda diharuskan untuk memasukan 2 CNAME di DNS Management webhosting
  • Anda diharuskan untuk memasukan 4 A Record di DNS Management webhosting di kolom yang berbeda dengan kolom atau tabel tempat memasukan 2 CNAME. Jadi ada 6 kolom yang mesti anda isi di DNS Management, yaitu : 1) CNAME kesatu 2) CNAME kedua 3) A Record kesatu 4) A Record kedua 5) A Record ketiga 6) A Record keempat.
Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti tutorial berikut ini :

Tutorial 1 - Cara Mendapatkan 2 CNAME

  1. Buka dasboard admin blogspot > Setelan > Alamat blog. Anda akan menemukan tampilan seperti pada gambar di bawah. Sebagai contoh, saya menggunakan tutorial penggantian nama domain justmonetize.blogspot.com.
    Dibawahnya ada tulisan biru : siapkan URL pihak ketiga untuk blog anda. Klik tulisan biru tersebut maka akan menampilkan seperti pada gambar nomor 2. 
  2. Pada tahap ini anda diminta untuk menyetelkan domain pihak ketiga. silahkan masukan nama domain baru yang akan menghost, yaitu nama domain aktif yang anda beli di webhosting.
    kemudian klik simpan
  3. Setelah anda klik simpan pada langkah nomor 2, Anda akan mendapatkan notifikasi warna merah : kami tidak dapat memverifikasi kewenangan anda terhadap domain ini. 
    Dan mendapatkan dua CNAME berpasangan, yaitu www dan ghs google.com dan sepasang kode unik seperti yang dicoret pada gambar di atas. Anda juga mendapatkan perintah untuk memasukkan dua CNAME tersebut ke Domain Name System (DNS) yang berada di DNS Zone Editor webhosting tempat anda mendaftarkan domain baru anda.
Sekarang anda harus masuk ke DNS Zone atau istilah lainnya DNS Management. Lokasi dimaksud berada di situs webhosting tempat dimana anda membeli/meregistrasikan domain baru.

Tutorial 2 - Cara Menyesuaikan Name Server

  1. Masuk ke webhosting >> Daaboard >> Nama domain yang baru dibeli >> DNS Management >> Name Server
  2. Sesuaikan Name Server. Langkah ini biasanya tidak perlu karena name server default sudah sesuai. Klik simpan/save saja untuk menegaskan kepada sistem bahwa name server default tersebutlah yang dipilih

Tutorial 3 - Cara Memasukan CNAME

  1. Masuk ke webhosting >> Dasboard >> Nama domain yang baru dibeli >> DNS Management >> CNAME
  2. Copy paste dua CNAME yang didapatkan di dasboard admin blogger pada tutorial 1 dan masukan/tambahkan ke DNS, seperti gambar berikut :
    Pastikan tidak ada CNAME lain selain kedua CNAME tersebut. Klik Save. 

Tutorial 4 - Cara Memasukan A Record

  1. Webhosting >> Dasboard >> Domain >> Nama domain yang baru dibeli >> DNS Management >> A Record
  2. Masukan 4 A Record, yaitu :
  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21
Setelah semua tutorial di DNS selesai, jangan lupa simpan pengaturannya, klik save changes.

Kemudian tunggu beberapa saat sekitar satu jam untuk proses propagasi. Setelah nunggu satu jam, silahkan coba lagi untuk klik simpan di blogspot. Kali ini proses menyambungkan domain baru ke blogspot insya Allah akan berhasil. 

Domain gratisan berhasil diganti oleh domain berbayar. Jika setelah klik simpan hasilnya masih sama seperti gambar pada langkah nomor 3, maka itu artinya masih proses propagasi, mungkin anda harus minum kopi dulu dan coba nanti klik simpan lagi. mudah-mudahan berhasil. 


Jika semua tahapan ini sudah beres, langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah mengubah http menjadi https.

You Are What You Share

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done