Cara Membuat Artikel di Blogger - WEBSITOES
News Update
Loading...

Kamis, 23 Januari 2020

Cara Membuat Artikel di Blogger

Tutorial Cara Membuat Artikel di Blogger
Cara Membuat Artikel di Blogger.com
Sebenarnya membuat artikel di blogger sangat mudah, karena caranya sangat mirip dengan cara menulis di microsoft word. 

Bahkan fitur-fitur yang tersediapun sangat mirip dengan fitur-fitur yang ditampilkan microsoft word. 

Tapi sekalipun mudah, bagi yang masih baru ngeblog di blogger tetap saja sedikit kaku dan ragu untuk menggunakannya. Saya juga begitu.


Membahas Cara Membuat Artikel di Blogger berarti sama dengan membahas tentang bagaimana cara saya membuat artikel ini, karena website saya ini juga dihosting di blogger, dan penulisannya tentu saja menggunakan fasilitas yang sudah disediakan secara default oleh blogger, yaitu fasilitas default yang sudah saya bahas pada artikel 40 Fitur Post Editor Blogger - Fungsi dan Cara Menggunakannya

Berikut ini adalah Cara Membuat Artikel di Blogger :

  • Login ke dasboard Blogger
  • Klik Postingan
  • Klik Entri baru, dan selanjutnya akan menampilkan post editor (fasilitas edit artikel)
  • Jika anda bermaksud untuk membuat artikel seperti biasa, anda perlu klik fitur compose
  • Untuk mulai menulis, Klik/ketuk pointer pada area mana saja di kotak tempat menulis (box editor)
  • Gunakan fitur yang ada di atas box editor untuk mempercantik artikel anda. Anda bisa mengubah jenis dan ukuran tulisan, warna tulisan, mempertebal tulisan, memiringkan, menggarisbawahi, mencoret, mewarnai, membuat background tulisan, menyisipkan link, menambahkan foto, menampilkan video, menyisipkan emoticon, memisahkan halaman, mengatur perataan tulisan, membuat urutan berdasarkan penomoran atau titik bullet, menambah kutipan, memanfaatkan fasilitas pembersihan pemformatan sebelumnya, spelling, mengelompokkan artikel, menjadwalkan waktu publikasi artikel, mengganti link, menambahkan lokasi saat menulis, mendeskripsikan artikel, mengatur apakah artikel anda boleh dikomentari atau tidak, dan lain sebagainya.
  • Jika proses penulisan akan ditunda, anda bisa klik fitur simpan dan dilanjutkan klik fitur tutup. 
  • Jika proses penulisan akan dilanjutkan, anda bisa cari artikel yang tadi di simpan di menu draft postingan. Anda bisa menemukannya berdasarkan judul postingan/artikelnya. Klik saja menu edit yang ada di bawahnya atau bisa klik judul artikelnya. Anda akan masuk ke mode menulis. Biasanya jika prosesnya melanjutkan (bukan entri baru) mode menulis otomatis mode compose
  • Setelah melanjutkan proses penulisan dan artikel sudah selesai, sebelum dipublikasikan sebaiknya ditinjau terlebih dahulu dengan klik fitur pratinjau.
  • Setelah artikel selesai ditulis dan ditinjau, klik fitur publikasikan. 
  • Setelah artikel dipublikasikan, anda bisa melihatnya dengan 2 cara, yaitu : dengan klik menu lihat di bawah list postingan atau dengan klik lihat blog di bawah nama blog.
Begitulah cara membuat artikel di blogger. Jangan lupakan juga 2 hal berikut ini :
  • Sering-sering googling mencari tahu tips menulis terbaru, agar artikel yang kita tulis menjadi artikel yang menarik, enak dibaca dan SEOfriendly. Itu penting, agar tulisan kita lebih disukai pembaca dan berpeluang muncul di halaman pertama pencarian google. 
  • Sering memperhatikan perkembangan media sosial dari waktu ke waktu, agar tau karakteristik media sosial dan dampak positif serta negatifnya saat anda membagikan artikel ke media sosial. Atau baca saja artikel ini 6 Trik Share Artikel ke Media Sosial
    Semoga bermanfaat

      You Are What You Share

      Give us your opinion

      Notification
      This is just an example, you can fill it later with your own note.
      Done