Cara Mengangkat Penulis dan Admin Blog di Blogger - WEBSITOES
News Update
Loading...

Kamis, 02 Januari 2020

Cara Mengangkat Penulis dan Admin Blog di Blogger

Cara Mengangkat Penulis dan Admin Blog di Blogger
Cara Mengangkat Penulis dan Admin Blog di Blogger
Sebenarnya tutorial cara mengangkat penulis dan admin blog di blogger.com sudah banyak yang membuatnya. Akan tetapi hal itu tidak akan menghentikan niat saya untuk menuliskannya di situs ini.

Sebelumnya penting diketahui, bahwa untuk menjadikan seseorang sebagai admin baru, maka kita harus menjadikannya penulis terlebih dahulu. Setelah dijadikan penulis, baru kemudian bisa dinaikan pangkatnya menjadi seorang admin.

Oleh karena itu, pada tutorial inipun yang akan dibahas lebih awal adalah cara menjadikan penulis, kemudian dilanjutkan dengan cara menjadikan Admin.

Berikut ini adalah tutorial cara merekrut penulis dan mengangkat admin blog di blogger.com :

1.Cara Merekrut Penulis Blog

  • Masuk ke dasboard admin blogger >> setelan >> dasar >> Izin >> Penulis Blog >> Tambahkan Penulis. Maka kotak akan terbuka.
  • Masukan alamat email calon penulis pada kotak tersebut. Kemudian klik undang penulis.

    Maka tampilan berubah menjadi seperti ini : undangan terbuka.
    Calon penulis yang diundang akan menerima email dari blogger. Biasanya undangan seperti ini tidak masuk ke kotak masuk utama, melainkan kotak masuk promosi.
    Coba dicek kotak masuk promosi. Seperti ini undangannya :
  • Calon penulis harus mengklik terima undangan. Halaman akan terbuka dan calon penulis harus mengklik sekali lagi. Selanjutnya calon penulis akan masuk ke dasboard admin blogger. Sampai saat ini calon penulis statusnya sudah berubah dari calon penulis menjadi penulis//pengarang. 
    Akan tetapi, karena statusnya hanya baru sebagai penulis/pengarang bukan sebagai admin, maka saat ini penulis hanya bisa menulis, tidak bisa mengutak-atik settingan blog. Karena mengutak-atik settingan blog adalah bagian dari kewenangan seorang admin. Bahkan pada dasboard admin bloggerpun tidak banyak yang ditampilkan, tidak seperti tampilan dasboard admin pada umumnya. seperti ini tampilannya :

2.Cara Mengangkat Admin Blog

  • Jika kita ingin mengangkat penulis tersebut, menjadi admin, maka kita tinggal masuk ke dasboard admin blogger >> setelan >> dasar >> Penulis Blog >> Klik Pengarang dan jadikan admin. 
Penting juga dipahami sejak dini, bahwa setelah penulis dilantik oleh admin lama menjadi admin baru, maka kewenangannya menjadi sama dengan admin yang mengangkatnya. bahkan admin baru tersebut bisa memecat admin lama.

Oleh karena itu, anda harus berhati-hati mengangkat seseorang menjadi admin di blog.

Usahakan agar yang dijadikan admin adalah orang yang anda percayai, atau setidaknya anda mengenalnya secara baik.

Karena tentu saja itu potensi buruk jika admin baru memiliki maksud tidak baik. Sekalipun dari sudut pandang bisnis hal itu bisa menjadi sinyal yang baik untuk menambah uang saku admin lama. hehe

Itulah sekilas tutorial cara mengangkat penulis dan admin blog di blogger.com.
Semoga bermanfaat.

You Are What You Share

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done