Cara Mengomentari Artikel Blog - Tutorial - WEBSITOES.COM

Rabu, 08 Januari 2020

Cara Mengomentari Artikel Blog - Tutorial

Bagaimana Cara Mengomentari Blog atau Website?

Artikel ini dibuat untuk membahas alasan dan sebab orang bertanya itu, serta mencoba membantu menjawab pertanyaan tersebut.

Alasan dan Sebab Orang Bertanya Itu

Sekalipun terkesan gaptek, sebenarnya itu adalah salah satu pertanyaan yang sangat wajar. Karena tidak semua orang memiliki blog/website. Berbeda dengan facebook, twitter dan whatsapp, dimana orang-orang tidak lagi bertanya :
  • "bagaimana cara mengomentari facebook?"
  • "bagaimana cara mengomentari twitter?"
  • "bagaimana cara mengomentari whatsapp?"
Tentu saja, karena hampir semua orang telah memiliki akun facebook, twitter dan whatsapp. 
Anehnya, padahal, secara historis, blog/website diciptakan dan diperkenalkan lebih awal daripada facebook, twitter dan whatsapp.
Fakta ini bukan bukti kegagalan pencipta website/blog, dimana penciptanya dianggap tidak berhasil menarik minat semua orang untuk memiliki website/blog, sebagaimana hampir semua orang di dunia tertarik minatnya untuk memiliki minimal 1 akun facebook, twitter dan whatsapp. Bukan itu penyebabnya.
Beberapa hal yang jadi faktor penyebabnya adalah :
  • Karena pencipta facebook, twitter dan whatsapp lebih fokus pada menghadirkan banyak kemudahan interaksi komunikasi. Sehingga orang-orang menjadi merasa lebih nyaman menggunakan media-media tersebut.
  • Karena orang-orang masih menganggap bahwa untuk memiliki website/blog, dibutuhkan biaya. Tentu saja karena orang-orang cenderung lebih berminat untuk menggunakan fasilitas yang gratis daripada yang berbayar. Padahal sebenarnya yang gratisan juga ada, contohnya : membuat website/blog di blogger.com dan membuatnya di wordpress.com
  • Karena orang-orang yang memiliki pengetahuan tentang website, cenderung komersil. sehingga ketika ada orang lain yang bertanya tentang dunia blogging, seringkali orang berpengetahuan memberikan ilustrasi yang menyulitkan untuk difahami, mereka sengaja menggunakan bahasa-bahasa teknis yang sulit difahami dan seringkali sengaja mengesankan bahwa ngeblog itu susah. Dengan harapan ketika orang lain bertanya kepadanya, dia ada kesempatan untuk memposisikan diri sebagai penyedia jasa. Agar dia mendapatkan keuntungan berupa uang layanan jasa dari kebodohan orang lain.
Gara-gara pengetahuan tentang blog/website kurang dan website/blog kurang pengguna, maka kemudian hal tersebut berdampak pula terhadap artikel.
Hal itu mengakibatkan artikel-artikel website/blog yang dibuat menjadi jarang ada yang mengomentari.
Berbeda dengan status-status yang kita buat di facebook, sekalipun pendek dan cuma 10 kata saja, komentarnya bisa sampai 10-100 komentar. Padahal status-status tersebut dibuat tanpa reseach keyword dan keyphrase terlebih dahulu.
Sebagai blogger, tentu saja saya sangat prihatin memperhatikan fakta-fakta di atas. Karena konten yang dihasilkan oleh pemilik dan penulis blog/website, sebenarnya jauh lebih bermanfaat daripada tulisan-tulisan di media lain.
Artikel tentang tutorial, download gratis dan pengetahuan misalnya, artikel-artikel tersebut sering kita baca, bahkan pageviewnya ada yang tembus sampai puluhan ribu. Tapi komentarnya jarang ada yang sampai 50 komentar. Bahkan tulisan inipun diyakini akan sepi komentar. Untungnya komentar bukan tujuan saya ngeblog.

Inilah Cara Mengomentari Blog/Website

  1. Syarat pertama untuk dapat mengomentari blog adalah memiliki email. Apakah anda sudah memiliki email? Saya yakin anda sudah memiliki itu, karena kecil kemungkinan anda membaca artikel ini menggunakan hape jadul atau hape cinitnit. Saya yakin anda sedang membaca artikel ini menggunakan hape jenis smartphone atau android. Mungkin juga anda menggunakan tablet, notebook, laptop atau PC. Oleh karena itu saya yakin anda memiliki email minimal 1 email. Karena untuk bisa aktivasi android, salah satunya kita disyaratkan memiliki email. Nah, jika anda sudah memiliki email berarti anda bisa mengomentari artikel blog/website
  2. Memiliki kuota. Semuanya akan jadi percuma jika tidak memiliki kuota 
  3. Selanjutnya perhatikan gambar berikut ini
    Ini adalah contoh gambar kolom artikel di situs ini saat ini : (Baca Juga : Tips Share Artikel Ke Medsos)
  1. Klik komentari. Pada banyak website/blog, langkah ini tidak perlu. Karena sudah langsung menampilkan kolom komentar yang ditunjukan pada gambar ini dengan nomor 2
  2. Ketik isi komentar anda. Biasanya tidak ada batasan untuk panjang komentar. 
  3. Klik tanda panah pada kolom beri komentar sebagai. Untuk menampilkan akun email anda yang akan dipergunakan untuk mengomentari. klik salah satunya. 
  4. Klik pratinjau. Ini penting, agar bisa dikoreksi terlebih dahulu sebelum dipublikasikan. siapa tahu anda salah ketik.
  5. Cheklist beritahu saya. Agar anda mendapatkan email notifikasi jika ada balasan komentar, baik dari admin blog/website maupun orang lain yang juga ikut mengomentari artikel tersebut.
  6. Klik publikasikan. Jika sudah yakin 
Itulah cara mengomentari artikel blog/website. semoga bermanfaat 

Share with your friends

Give us your opinion