6 Trik Share Artikel ke Media Sosial - WEBSITOES
News Update
Loading...

Sabtu, 11 Januari 2020

6 Trik Share Artikel ke Media Sosial

6 trik share artikel ke medsos
Berikut Ini Adalah 6 Trik Share Artikel Ke Medsos
Bukan rahasia lagi, bahwa share artikel ke medsos merupakan salah satu jalan pintas untuk menaikan rating website/blog.

Terutama website/blog yang masih baru.

Kita bisa share ke email, whatsapp, twitter, linkedin, tumblr, pinterest, instagram dan facebook. 

Akan tetapi untuk saat ini, saat artikel ini dipublish, hal itu menjadi jarang dilakukan oleh para pemilik website/blog.

Bahkan sebagian dari mereka menganggap bahwa share ke media sosial bisa berdampak buruk jika terlalu sering, terutama ke facebook.

Saya sendiri sering mengurungkan niat dan menahan diri untuk share artikel ke facebook dan instagram.

Sekalipun viewernya lumayan. "lumayan sedikit", maksudnya 😜

Bahkan sepertinya sebentar lagi ke whatsapp juga akan saya kurangi, setelah whatsapp resmi diakuisisi facebook. 

Praktis tinggal 5, yaitu : email, twitter, linkelin, tumblr dan pinterest.

Butuh strategi untuk share ke media sosial, karena akhir-akhir ini terutama dalam 2 tahun terakhir banyak situs yang diblokir oleh fbook.

Mungkin istilah yang lebih tepat ditertibkan". 

Entah karena terlalu sering share kemudian dianggap "nyepam", atau karena hal lain.

Saya tau itu karena faktanya memang sering dikeluhkan oleh banyak blogger.

Sebenarnya salah satu website saya juga terkena dampak.

Padahal konten-kontennya halalan thayiban semuanya. Sekedar berbagi file download gratis. 

Itupun artikel-artikelnya asli bukan hasil nyontex, sedangkan file-file downloadnya berasal dari arsip pribadi saya sendiri bukan milik orang lain.

Setelah saya mencoba merenung dan mengheningkan cipta, 

memperhatikan dan menyimak fakta-fakta yang ada, 

juga mencoba beberapa pola menggunakan beberapa blog sebagai eksperimen, 

blog-blog murahan dan gratisan 😛 yang sebenarnya dibuat hanya sebatas untuk keperluan itu 😋

Akhirnya sedikit-sedikit saya mulai mengerti, bahwa medsos hari ini tidak seramah dulu.

Ada beberapa pola yang mesti diterapkan. 

Sebagian biarlah jadi rahasia pribadi dan sebagian lagi "hatur lumayan".

Inilah 6 Trik Share Artikel ke Medsos

  1. Sebaiknya kita selalu memanfaatkan layanan pemendek URL. Terkadang kita menganggap ini tidak begitu penting. Kita bahkan lebih sering memposisikan keberadaan layanan ini hanya sebagai referal saja, atau sebatas pemendek biasa sebatas agar URL lebih mudah dihapal dan diketahui statistiknya. Padahal lebih daripada itu. Ada hal yang lebih penting, yaitu itung-itung sebagai URL parkir yang diredirect ke website/blog kita. Ini penting di musim hujan, sebagai payung atau seumpama batu di depan udang dan domain andalah udang dibalik batunya.
  2. Sebaiknya kita memiilih website/blog khusus untuk spesialis medsos, yang di dalamnya ditanam backlink ke website atau blog primer. Bukan semua website dishare ke medsos. Motivnya sama, motifnya beda. Secara motivasi, sebenarnya ini masih satu motiv dengan pemendek. Sama-sama mengudangdibalikbatukan. Yang membedakan adalah motifnya, yaitu memanfaatkan lahan parkir milik kita sendiri. Motif yang ini bahkan lebih CPC Friendly bagi rumah utama.
  3. Sebaiknya kita membuat fanspage khusus untuk setiap website/blog yang kita kelola. Ini penting bagi kita dan tertib bagi pihak medsos penertib. Dengan membuat halaman fanspage saja, sebenarnya kita sudah diuntungkan, karena secara tidak langsung itu akan menghasilkan backlink berkualitas bagi website/blog kita. Bahkan hanya dengan itu saja, sekalipun kita tidak share artikel (sebagaimana tips nomor 2) kita tetap diuntungkan dengan 1 backlink tersebut. Jika anda merasa ragu dengan kualitas URL medsos, silahkan ketik URL utama anda yang sudah difanspagekan di search engine, maka anda dimungkinkan akan mendapati fanspage di peringkat utama di atas URL website anda, atau setidaknya di bawah URL website anda tapi masih di halaman pertama. Dan jangan lupa, hal itu juga sekaligus menjadi pointing jika suatu saat kedepannya artikel-artikel kita ada atau banyak yang dishare pengunjung ke medsos. Selanjutnya jadikan fanspage tersebut itung-itung sebagai landing page bagi artikel-artikel kita yang dishare ke medsos sebelum artikel-artikel tersebut dishare ke tempat lain di wilayah medsos itu. Termasuk sebelum dishare ke kronologi kita dan grup. Untuk ke kronologi atau grup, share artikel dari fanspage tersebut. Jadi tidak ada 2 pintu untuk 1 artikel. Karena pintu masuknya tetap satu yaitu fanspage. Sehingga akan meminimalisir dianggap spam oleh sistem, karena memang bukan spam. Karena : tidak mengirim URL sebanyak 2 kali dan jika ada pengunjung yang bantu share setidaknya URL utama sudah terpointingkan lebih awal. Jadi sistem juga akan welcome.
  4. Sebaiknya tidak share artikel di kolom komentar, kecuali post yang dikomentari memang ada relevansinya dengan artikel kita. Ini sangat penting, karena kebiasaan buruk sebagian blogger adalah sering melakukan itu. Alih-alih ingin dapat backlink gratis, malah dihadiahi report karena malah dianggap menaruh link komentar bukan pada tempatnya, menjadi seumpama buang sampah sembarangan. Tau kan resikonya kalau sudah direport orang? 😁
  5. Sebaiknya kita tidak membuat artikel kontroversi yang memungkinkan ada pihak yang tersinggung. Tau kan resikonya kalau ada yang tersinggung? ujung-ujujgnya report yang cukup merepotkan 😁
  6. Sebaiknya pelajari juga kebijakan program di situs medsos yang kita jadikan sumber trafik website/blog kita. Karena tentu saja mereka para pemiliknya memiliki kewenangan dan kebijakan yang tidak sama atas situs yang mereka miliki, dan bisa diperbaharui kapanpun mereka membutuhkan pembaharuan kebijakan. 
Itulah 6 trik share artikel ke medsos yang bisa saya bagikan. (Baca Juga : Cara Mengomentari Artikel Blog) Semoga bermanfaat.


Jangan sungkan untuk menambahkan atau memberikan masukan. 

You Are What You Share

2 komentar

  1. Setuju. Berbijaklah dalam mengeshare link blog kita. Eman-eman kalau dianggap spam

    BalasHapus

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done