40 Fitur Post Editor Blogger - Fungsi dan Cara Menggunakannya - WEBSITOES
News Update
Loading...

Selasa, 04 Februari 2020

40 Fitur Post Editor Blogger - Fungsi dan Cara Menggunakannya

Melalui artikel ini, WEBSITOES.COM akan mencoba menjelaskan secara singkat 40 Fitur Post Editor Blogger - Fungsi dan Cara Menggunakannya

Jika anda sedang mulai belajar menggunakan website yang berhosting di blogger (Blog alias Web Log), baik blog domain custom (contoh websitoes.com) maupun blog domain blogspot (contoh websitoes.blogspot.com), mengenali Fungsi dan Cara Menggunakan 40 Fitur Post Editor ini sangat saya anjurkan.
Mengetahui fitur-fitur ini menjadi sangat penting, karena anda tidak akan memiliki konten jika tidak mengetahui fungsi dan cara menggunakannya.
40 Fitur Post Editor yang akan saya jelaskan ini merupakan fasilitas default (bawaan) blogger, yang sebagian di antaranya sering kita temukan saat menulis di microsoft word. Sehingga untuk sebagian, anda mungkin sudah sangat sering menggunakannya. Sebenarnya ini juga tidak jauh beda fungsi dan cara menggunakannya dengan 39 Fitur Post Editor Wordpress yang juga saya bahas di blog ini.

Inilah 40 Fitur Post Editor Blogger - Fungsi dan Cara Menggunakannya 

1). Box Editor
Box Editor - 40 Pos Editor Blogger
1. Box Editor - 40 Fitur Post Editor Blogger
Keseluruhan yang ditampilkan oleh gambar ini namanya post editor blogger. Sekumpulan fitur yang disediakan secara default oleh blogger untuk memfasilitasi kita membuat postingan. Di dalamnya terdapat 40 fitur, salah satunya adalah Fitur Box Editor (kotak tempat menulis). Fungsinya adalah sebagai lembar kerja atau ibarat kertas kosong yang belum diisi apa-apa. semua yang ada di atas box editor dan semua yang ada disamping box editor adalah merupakan alat editing dan penunjangnya. Untuk sampai ke tempat ini, anda perlu : Login ke Blogger >> Postingan >> Entri baru. Cara menggunakannya adalah : sebagaimana cara anda menulis di microsoft word komputer atau laptop anda
2). Judul
Judul - 40 Post Editor Blogger
2. Judul - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Judul Entri Merupakan sebuah kotak/kolom kosong yang fungsinya adalah untuk anda isi dengan tulisan Judul/Title postingan (artikel). Sebagai contoh, saya menuliskan judul artikel ini pada gambar tersebut : "40 Fitur Post Editor Blogger - Fungsi dan Cara Menggunakannya". Cara menggunakannya adalah : klik kolom judul/title >> ketik tulisan seperti biasa.
3). Identitas Penulis
Identitas Penulis - 40 Post Editor Blogger
3. Identitas Penulis - 40 Fitur Post Editor Blogger
Yang ditampilkan oleh gambar ini adalah Fitur Identitas Penulis. Setiap blog tentu saja nama yang ditampilkan akan berbeda. Nama ini sesuai dengan nama yang sudah anda atur pada pengaturan/setelan pengguna. Blog yang dikelola oleh admin lebih dari 1, atau penulisnya lebih dari 1, maka nama yang ditampilkan adalah sesuai dengan nama pengguna penulis yang sedang menulis. Contoh pertama : Blog anda dikelola oleh 2 orang admin, seorang admin pembuat blog dan seorang lagi admin yang diangkat menjadi admin oleh admin pembuat. Nama yang tampil di post editor saat membuat/menulis artikel adalah nama pengguna admin yang menulis, bukan admin yang membuat. Contoh kedua : Blog anda dikelola oleh 3 orang. 2 orang sebagai admin dan 1 orang hanya sebagai penulis. Maka nama yang muncul adalah nama yang sedang menulis, baik dia jabatannya sebagai admin maupun sebagai penulis saja. Karena ini fungsinya adalah untuk menampilkan identitas penulis postingan bukan pemilik atau administrator. Fitur ini otomatis, sehingga saya tidak akan membahas cara menggunakannya.
4). Publikasi
Publikasi - 40 Post Editor Blogger
4. Publikasi - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Publikasi merupakan fitur yang paling mudah dibedakan dari fitur-fitur selainnya. Karena dibedakan dengan warna orange. Sebenarnya fitur ini akan anda gunakan pada langkah terakhir dari pembuatan/penulisan/editing postingan. Fungsinya untuk mempublikasikan postingan yang sudah dibuat. Cara menggunakannya adalah : Buat postingan >> Klik fitur ini untuk mempublikasikannya
5). Simpan
  5. Simpan - 40 Post Editor Blogger
5. Simpan - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur simpan/save. Tombol ini seringkali menyimpan secara otomatis setiap kali kita mengetik/memperbaharui postingan. Fungsinya untuk menyimpan postingan sementara ke draft postingan. Cara menggunakannya : Setelah anda menulis >> klik fitur ini. Untuk keluar dari halaman post editor, ikuti dengan klik fitur tutup. Fitur simpan ini juga biasa dipergunakan sebelum mengklik fitur pratinjau. Karena pada dasarnya keempat tombol ini, yaitu : publikasi, simpan, pratinjau dan tutup penggunannya selalu berurutan dan bergantian.
6). Pratinjau
6. Pratinjau - 40 Post Editor Blogger
6. Pratinjau - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Pratinjau. Fungsinya untuk meninjau postingan sebelum dipublikasikan. Cara menggunakannya adalah dengan mengklik tombol pratinjau Terkadang diawali terlebih dahulu dengan mengklik tombol simpan/save. Penting diketahui, setelah mengklik tombol pratinjau, dan halaman tampilan pratinjau artikel terbuka, pada halaman tampilan pratinjau tersebut semua link tidak berfungsi, seperti : menu, staticpage, dan lain sebagainya yang tertampilkan pada saat menampilkan artikel yang sedang ditinjau. Hal ini berlaku juga ketika anda mengkliknya melalui menu pratinjau di luar halaman post editor seperti di list postingan.
7). Tutup
  7. Tutup - 40 Post Editor Blogger
7. Tutup - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Tutup. Fungsinya adalah untuk menutup halaman post editor dan kembali ke halaman list postingan. Cara menggunakannya adalah cukup diklik saja. Tapi, penting juga diketahui, bahwa jika anda menggunakan fitur ini tanpa didahului dengan mengklik fitur simpan, biasanya ada notifikasi agar anda memastikan leave or save (tinggalkan saja tanpa menyimpan postingan terlebih dahulu atau sekalian simpan)
8). Label
8. Label - 40 Post Editor Blogger
8. Label - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Label. Saya lebih nyaman menyebutnya setelan labelisasi entri. Ini adalah salah satu dari 6 fitur setelan default post editor, yaitu : label, jadwal, link/tautan permanen, lokasi, deskripsi penelusuran dan pilihan. Fungsinya adalah untuk labelisasi pengelompokan postingan atau pengkategorian/pengklasifikasian. Jika anda pernah menggunakan website yang dihosting di wordpress, fungsi fitur ini sama dengan tag di wordpress. Cara menggunakannya adalah : langsung saja diketik labelnya di text box jika bermaksud membuat label baru. Jika bermaksud untuk menggunakan label yang pernah dipergunakan, anda bisa langsung mengklik salah satu nama yang ditampilkan di bawah text box. Jika anda bermaksud membuat lebih dari satu label, jangan lupa untuk memisahkan antara label yang pertama dengan label berikutnya menggunakan tanda baca koma. Contoh : tutorial, website, blogger
9). Jadwal
9. Jadwal - 40 Post Editor Blogger
9. Jadwal - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Jadwal. Saya lebih suka menyebutnya setelan penjadwalan entri. Fungsinya untuk menjadwalkan waktu publikasi postingan. Ada 2 opsi yang ditawarkan : Otomatis dan Setel tanggal dan waktu. Secara default, setelan penjadwalan ini diatur ke otomatis. Jadi untuk membuatnya terjadwal, anda harus mengubah setelan. Cara menggunakannya : tandai/klik setel tanggal dan waktu, dan kemudian sistem akan menampilkan kalender >> silahkan klik tanggal atau edit manual >> edit jam publikasinya >> Jangan lupa klik selesai untuk menutup tampilan kalender, sekalipun anda tidak jadi menjadwalkannya.
10). Tautan permanen
10. Tautan Permanen - 40 Post Editor Blogger
10. Tautan Permanen - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Tautan Permanen. Saya lebih sering menyebutnya Link Artikel. Fungsinya untuk membuat link/tautan permanen postingan yang akan dipublikasikan. Seperti halnya fitur setelan jadwal, setelan tautan permanen juga menawarkan 2 opsi. Secara default fitur ini diatur ke tautan permanen otomatis. Jadi setiap anda membuat postingan, sistem akan otomatis membuatkan tautan/link. Akan tetapi tautan yang otomatis seringkali hasilnya tidak sesuai yang kita harapkan, misalnya : penulis merasa link yang dihasilkan kurang unik. Jika anda bermaksud untuk menggunakan tautan/link khusus, Cara menggunakannya adalah : klik tautan permanen khusus >> buat tautan/link sendiri sesuai keinginan >> jangan lupa untuk memisahkan tiap kata dengan tanda strip >> Klik selesai
11). Lokasi
11. Lokasi - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Lokasi atau Setelan Lokasi Publikasi Entri. Fungsinya untuk memberitahukan kepada pembaca, mengenai lokasi anda saat mempublikasikan postingan. Cara menggunakannya : masukan nama kampung, kelurahan, kecamatan, kota, provinsi dan negara. Secara otomatis sistem akan menampilkan peta lokasi anda saat itu. Ini mirip dengan google map.
12). Deskripsi penelusuran
12. Deskripsi Penelusuran - 40 Post Editor Blogger
12. Deskripsi Penelusuran - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Deskripsi Penelusuran. Istilah lainnya Setelan Deskripsi Penelusuran Entri. Fungsinya adalah untuk menampilkan deskripsi postingan ketika muncul di halaman penelusuran google, bing, yandex dan mesin telusur lainnya. Tulisan deskripsi akan sangat membantu anda menjelaskan secara singkat kepada calon pengunjung di halaman penelusuran mengenai sekilas tentang artikel anda. Oleh karena itu tulisan yang dibuat di text box deskripsi selalu deskriptif dan pendek, biasanya tidak lebih dari 20 words. Cara menggunakannya : Sebenarnya opsi setelan ini tidak akan muncul di post editor, jika kita tidak terlebih dahulu mengaktifkan setelan deskripsi tag meta preferensi penelusuran di setelan dasboard blogger. Jadi agar fasilitas setelan deskripsi di post editor ini bisa muncul di post editor, anda harus terlebih dahulu mengaktifkannya. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengaktifkannya : login ke blogger >> setelan >> preferensi penelusuran >> tag meta >> deskripsi >> edit >> ya >> masukan deskripsi blog, contoh : websitoes.com adalah tempat belajar semua tentang website >> Klik simpan. Setelah anda mengaktifkan itu, baru kemudian fasilitas deskripsi entri pada post editor akan muncul. silahkan cek post editor. dan sekarang anda akan bisa mempergunakannya di post editor dengan cara : klik deskripsi penelusuran >> masukan deskripsi artikel/postingan. Contohnya : lihat di gambarnya ya 😁 >> selesai. Perbedaan antara deskripsi tag meta dengan deskripsi postingan adalah : deskripsi tag meta adalah deskripsi blog secara universal, sedangkan deskripsi postingan yang ada di post editor adalah deskripsi secara spesifik per postingan
13). Pilihan
13. Pilihan - 40 Post Editor Blogger
13. Pilihan - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Pilihan. Fungsinya adalah untuk memfasilitasi kita mengatur komentar (diizinkan atau tidaknya), Mode tulis (untuk menunjukkan HTML apa adanya atau ditafsirkan), Baris baru (menggunakan tag atau enter). Cara menggunakannya : anda cukup Klik Pilihan >> Tandai pilihan >> klik Selesai
14). Compose
14. Compose - 40 Post Editor Blogger
14. Compose - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Compose. Fungsinya untuk menampilkan mode box editor/kotak tempat menulis/lembar kerja yang cocok untuk menulis seperti biasa. Cara menggunakannya : setiap kali, setelah anda masuk ke halaman entri post editor, dan bermaksud untuk menulis seperti artikel yang sedang saya tulis ini, pastikan anda terlebih dahulu mengklik tombol compose. Untuk memastikan bahwa anda sudah berada pada mode box editor compose.
15). HTML
15. HTML - 40 Post Editor Blogger
15. HTML - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur HTML. Berfungsi sebaliknya dari fitur compose, yaitu untuk menampilkan mode box editor/kotak tempat menulis/lembar kerja yang cocok untuk menulis HTML atau script. Cara menggunakannya : sama dengan cara menggunakan tombol compose. Ketika anda bermaksud untuk menuliskan tulisan HTML atau sekedar menyisipkannya, jangan lupa untuk mengklik terlebih dahulu tombol ini. Karena tulisan HTML atau script tidak akan berfungsi jika anda menuliskannya pada mode compose. Jika anda ingin mengetahui contoh penulisan HTML, setelah anda menulis menggunakan mode compose, coba klik fitur HTML, maka akan menampilkan tulisan jenis HTML.
16). Undo
16. Undo - 40 Post Editor Blogger
16. Undo - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Undo dengan simbol panah melengkung ke sebelah kiri. Sebenarnya pembahasan fitur undo tidak bisa dipisahkan dari pembahasan fitur redo. Karena jika fitur undo dipergunakan, maka otomatis fitur redo tidak berfungsi, begitu juga sebaliknya. Fungsinya adalah untuk membatalkan perintah atau mengembalikan pada mode saved sebelumnya. Jadi jika anda salah ketik atau ada kesalahan upload file atau bahkan kesalahan menggunakan salah satu fitur menulis artikel yang 40, anda jangan panik. Anda cukup memanfaatkan fungsi fitur undo. Cara menggunakannya : anda cukup klik simbolnya
17). Redo
17. Redo - 40 Post Editor Blogger
17. Redo - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Redo dengan simbol panah melengkung ke sebelah kanan. Sebagaimana sudah saya jelaskan sebelumnya, fitur redo dan fitur undo pembahasannya tidak bisa dipisahkan, mereka selalu berdampingan akan tetapi fungsinya berlawanan. Fungsi fitur redo adalah sebaliknya dari fitur undo, yaitu untuk mengembalikan perintah yang dibatalkan oleh fitur undo. Untuk menggunakan keduanya : anda bisa mencoba bermain-main mengklik keduanya secara bergantian 😂
18). Font
18. Font - 40 Post Editor Blogger
18. Font - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Font dengan simbol huruf F kapital. Fungsinya untuk mengganti jenis tulisan. Cara menggunakannya : Block tulisan yang akan diganti jenisnya >> klik tanda panah yang ada disamping simbol F, untuk menampilkan jenis tulisan yang disediakan secara default >> pilih salah satu jenis tulisan yang tersedia >> selanjutnya tulisan akan berubah sesuai ukuran yang dipilih. Jujur saja, saya jarang menggunakannya. Karena saya berusaha untuk konsisten mempublikasikan artikel/postingan dengan jenis tulisan yang sama. saya hanya sesekali saja menggunakannya, yaitu untuk membedakan tulisan artikel dengan tulisan script yang saya bagikan di dalam script box. Karena untuk tulisan script, mata saya lebih nyaman menggunakan tulisan jenis arial.
19). Font size
19. Font Size - 40 Post Editor Blogger
19. Font Size - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Font Size dengan symbol tT. Fungsinya untuk mengganti ukuran tulisan. Ada 5 ukuran tulisan yang disediakan, yaitu : Largest (Terbesar), Large (Besar), Normal (Pertengahan), Small (Kecil) dan Smallest (Terkecil). Cara menggunakannya : Block tulisan yang akan diganti ukurannya >> Klik tanda panah yang ada di samping symbol tT >> Pilih salah satu jenis ukuran tulisan yang tersedia >> Selanjutnya tulisan akan berubah sesuai ukuran yang telah dipilih.
20). Format
20. Format - 40 Post Editor Blogger
20. Format - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Format. Fungsinya untuk mengganti format tulisan. Ada 4 jenis format tulisan yang tersedia, yaitu : Normal, Minor Heading, Subheading dan Heading. Cara menggunakannya : tempatkan kursor atau block tulisan yang akan diganti formatnya >> klik tanda panah yang ada di samping symbol format normal >> pilih salah satu jenis format yang tersedia >> Selanjutnya format tulisan akan berubah. Penting juga diketahui, bahwa untuk perubahan jenis format, yang akan dihasilkan adalah perubahan format pada 1 paraghraf.
21). Bold
21. Bold - 40 Post Editor Blogger
21. Bold - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Bold dengan symbol B. Fungsinya adalah untuk mempertebalkan tulisan. Cara menggunakannya : Block tulisan yang akan ditebalkan >> Klik symbol B >> Selanjutnya tulisan akan berubah menjadi tebal seperti tulisan ini www.websitoes.com
22). Italic
22. Italic - 40 Post Editor Blogger
22. Italic - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Italic dengan symbol I miring. Fungsinya untuk membuat tulisan menjadi miring. Cara menggunakannya : Block tulisan yang akan dimiringkan >> Klik symbol I. Selanjutnya tulisan akan berubah menjadi miring seperti tulisan ini : www.websitoes.com
23). Underline
23. Underline - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Underline dengan symbol U. Fungsinya adalah untuk menggarisbawahi tulisan. Cara menggunakannya : Block tulisan yang akan digarisbawahi >> Klik symbol U >> Selanjutnya tulisan akan berubah menjadi bergarisbawah seperti tulisan ini www.websitoes.com
24). Strikethrough
24. Strikethrough - 40 Post Editor Blogger
24. Strikethrough - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Strikethrough dengan symbol ABC. Fungsinya adalah untuk membuat tulisan dicoret. Cara menggunakannya : Block tulisan yang akan dicoret >> Klik symbol ABC >> Selanjutnya tulisan akan berubah menjadi dicoret seperti ini www.websitoes.com
25). Text color
25. Text Color - 40 Post Editor Blogger
25. Text Color - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Text Color dengan symbol A bergarisbawah. Fungsinya adalah untuk mengganti warna tulisan. Cara menggunakannya : Block tulisan yang akan diganti warnanya >> Klik tanda panah yang ada di samping simbol A >> pilih warna yang diinginkan >> selanjutnya tulisan akan berubah menjadi sesuai warna yang dipilih. Contohnya seperti tulisan ini www.websitoes.com
26). Text Background Color
26. Text Background Color
26. Text Background Color - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Text Background Color dengan simbol ujung pena. Fungsinya adalah untuk membuat tulisan memiliki warna background/latar belakang. Cara menggunakannya : Block tulisan yang akan diberi warna background >> Klik tanda panah yang ada di samping symbol pena >> pilih warna yang diinginkan >> selanjutnya tulisan akan memiliki warna background sesuai warna yang sudah dipilih. Contohnya seperti tulisan ini www.websitoes.com
27). Add or Remove Link
27. Add or Remove Link
27. Add or Remove Link - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Add or Remove Link. Fungsinya ada 2, yaitu : untuk menyisipkan link ke dalam tulisan dan untuk menghapus link yang ada dalam tulisan. Cara menyisipkan link : block tulisan yang akan disisipi link >> Klik simbol Link untuk membuka panel penyisipan link >> masukan URL pada kolom to what URL should this link go >> Cheklist Open this link in a new window, jika anda ingin ketika link tersebut diklik, pengunjung akan mengaksesnya pada jendela baru >> Cheklist Add 'rel=nofollow' attribute jika anda tidak mau link yang direkomendasikan tersebut dirayapi boot google >> Klik oke. hasilnya akan menjadi seperti ini Tips Share Artikel ke Medsos. Cara menghapus link: Block tulisan yang akan dihapus link sisipannya >> Klik Link >> Selanjutnya link yang ada didalam tulisan tersebut akan terhapus dan tulisanpun kembali normal menjadi seperti ini : Tips Share Artikel ke Medsos
28). Insert Image
28. Insert Image - 40 Fitur Post Editor Blogger
28. Insert Image - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Insert Image dengan Icon Photo. Fungsinya adalah untuk menyisipkan foto atau gambar ke dalam postingan. Cara menggunakannya : Ketuk/tempatkan kursor pada area postingan yang akan dijadikan tempat menyisipkan foto/gambar >> Klik Icon Photo untuk membuka jendela panel upload >> Pada panel upload ada beberapa opsi, yaitu : anda bisa mengupload foto/gambar baru dari perangkat komputer, arsip yang sudah ada di blog, Google album archive, dan bisa juga anda sekedar memasukan URL gambar dari situs lain yang diizinkan >> Klik Add selected >> Selanjutnya foto yang sudah diapload bisa diklik dan diatur ukurannya, posisinya, ditambah caption, property dan bahkan bisa diremove lagi.
29). Insert a Video
29. Insert a Video - 40 Fitur Post Editor Blogger
29. Insert a Video - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Insert a Video dengan icon video action kaya lagi shooting film. Fungsinya adalah untuk menyisipkan video pada artikel postingan. Cara menggunakannya : Ketuk/tempatkan kursor pada area postingan yang akan dijadikan tempat menyisipkan video >> Klik Icon video untuk membuka jendela panel upload >> Pada panel upload ada 3 opsi, yaitu anda bisa mengupload foto/gambar baru dari perangkat komputer/handphone, bisa dari youtube dengan mempastekan linknya jika itu diizinkan, bisa juga dari akun youtube pribadi (tentunya itu jika email google anda juga dipergunakan untuk registrasi akun youtube) >> Klik Add selected >> Selanjutnya video yang sudah diapload bisa diatur posisinya, propertynya dan bahkan bisa diremove lagi.
30). Insert Special Characters
30. Insert Special Characters - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Insert Special Characters dengan symbol smile emoticon kepala botak. Fungsinya adalah untuk menyisipkan character-character khusus : emoticon, arrow, symbol, number, script dan lain sebagainya. Cara menggunakannya : Ketuk/tempatkan kursor pada area postingan yang akan dijadikan tempat menyisipkan character >> Klik Icon characters untuk membuka jendela panel character >> Pada panel character ada banyak character yang bisa anda pilih.>> Klik untuk memilih kategori >> klik salah satu carachter >> Selanjutnya character yang sudah disisipkan ke dalam postingan juga bisa diremove lagi sebagaimana foto dan video.
31). Insert jump break
31. Insert Jump Break - 40 Fitur Post Editor Blogger
31. Insert Jump Break - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Insert Jump Break dengan icon kertas sobek. Fungsinya adalah untuk membuat agar tampilan artikel tidak ditampilkan seluruhnya, yang biasa kita temui adalah tulisan baca selengkapnya. Ini fasilitas yang jarang saya pergunakan, karena template premium yang saya pergunakan juga sudah otomatis menjumpbreak. Cara menggunakannya : Ketuk/tempatkan kursor pada area postingan yang akan dijadikan tempat break/baca selengkapnya >> Klik Icon jump break/kertas sobek >> Artikel akan terjeda
32). Alignment
32. Alignment - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Alignment. Fungsinya untuk mengatur perataan tulisan. Ada 4 opsi : rata kiri, center, rata kanan dan justify (rata kiri-kanan). Beda dengan di wordpress yang hanya menyediakan 3 opsi minus justify. Cara menggunakannya : Block atau ketuk tulisan yang akan diratakan >> Klik panah yang ada di samping icon alignment >> pilih salah satu opsi perataan >> hasilnya akan sesuai dengan opsi perataan yang sudah anda pilih tadi.
33). Numbered list
33. Numbered List - 40 Fitur Post Editor Blogger
33. Numbered List - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Numbered List. Fungsinya adalah untuk membuat nomor urut pada postingan. Cara menggunakannya : Ketuk/tempatkan kursor atau block tulisan yang akan dilist penomorannya >> Klik icon Numbered list >> Akan langsung menampilkan nomor urut 1. Untuk nomor berikutnya, yaitu 2, 3, 4, 5 dan seterusnya, lakukan sebagaimana langkah tadi. Atau bisa juga dengan cara tekan enter pada keyboard komputer atau keypad smartphone anda.
34). Bullet List
34. Bullet List - 40 Fitur Post Editor Blogger
34. Bullet List - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Bullet List. Fungsinya hampir sama dengan Fitur Numbered List. Perbedaannya hanya karena listnya menggunakan bullet bukan number. Cara menggunakannya : sama dengan cara menggunakan Fitur Numbered List.
35). Quote
35. Quote - 40 Fitur Post Editor Blogger
35. Quote - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Quote atau Kutipan dengan symbol tanda kutip. Fungsinya adalah untuk menyisipkan quote/kutipan pada artikel yang diposting. Cara menggunakannya adalah : Ketuk/tempatkan kursor pada area postingan yang akan dijadikan tempat penyisipan quote/postingan >> Klik symbol quote >> Selanjutnya tuliskan quote atau kutipannya. Untuk membuat quote/kutipan baru di bawahnya anda bisa mengulangi langkah yang sama.
36). Remove Formatting
36. Remove Formating - 40 Fitur Post Editor Blogger
36. Remove Formating - 40 Fitur Post Editor Blogger
Nah, ini adalah fasilitas yang paling saya sukai. Fitur Remove Formatting dengan simbol Tx. Fungsinya adalah untuk membersihkan seluruh tulisan dari format dan kode-kode. Ketika anda menggunakan ini, maka tulisan kembali kepada mode normal. Fasilitas ini sering saya manfaatkan untuk mendefaultkan semua yang ada di box editor. Cara menggunakannya adalah : Block semua tulisan yang akan diremove formatnya >> klik simbol Tx >> Semua tulisan atau semua yang ada di box editor akan dibersihkan dari noda-noda formatting.
37). Check Spelling
  37. Check Spelling - 40 Fitur Post Editor Blogger
37. Check Spelling - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Check Spelling dengan simbol ABC diceklist. Fungsinya adalah untuk mengoreksi kesalahan kata-kata atau frasa yang digunakan pada keseluruhan artikel yang sudah dibuat. Cara menggunakannya adalah : Langsung diklik saja. Akan tetapi check spelling default blogger adalah bahasa inggris, karena bahasa default blogger juga bahasa inggris. Jadi yang ditandai adalah yang dianggap tidak sesuai ejaan bahasa inggris, baik word maupun phrase. Untuk menggunakan check spelling bahasa indonesia, anda perlu mengaturnya terlebih dahulu. Cara setting bahasa check spelling bahasa indonesia : Ketuk/tempatkan kursor pada box editor >> Klik kanan untuk menampilkan menu add dictionary >> Klik add dictionary >> pilih indonesian >> Check spelling bahasa indonesia sudah aktif.
38). Transliterate words typed phonetically in English script & Choose transliteration language
38. Transliterate Word Typed Phoneticaly In English Script & Choose Transliteration Language - 40 Fitur Post Editor Blogger
38. Transliterate Word Typed Phoneticaly In English Script & Choose Transliteration Language - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Transliterasi. Fungsinya untuk menampilkan translate kata-kata. Sebagaimana pada Fitur Check Spelling, fasilitas ini juga belum suport untuk bahasa indonesia. Bagaimana cara menggunakannya? Saya tidak pernah menggunakannya. dari semua fasilitas yang disediakan secara default oleh blogger, inilah satu-satunya fasilitas default yang tidak pernah saya pergunakan. Silahkan anda cari tau sendiri 😁
39). Left-to-right
39. Left-to-Right - 40 Fitur Post Editor Blogger
39. Left-to-Right - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Left to Right. Fungsinya adalah untuk memilih dari mana tulisan akan dimulai. Dengan memilih simbol ini berarti box editor akan mulai menampilkan tulisan yang kita buat dari kiri ke kanan. Cara menggunakannya : cukup diklik saja simbolnya, jika menulisnya belum dimulai. Jika tulisannya sudah dimulai, block semua tulisan dan klik simbol ini untuk merubah arah tampilan tulisan.
40). Right-to-left
40. Right-to-Left - 40 Fitur Post Editor Blogger
40. Right-to-Left - 40 Fitur Post Editor Blogger
Fitur Right to Left. Fungsinya adalah sebaliknya dari Fitur Left to Right. Jika anda memilih fasilitas ini, maka tulisan akan dimulai dari kanan ke kiri. Umumnya orang menggunakan left to Right bukan Right to left. Cara menggunakannya sama dengan cara menggunakan Fitur Left to Right
    Itulah 40 Fitur Post Editor Blogger - Fungsi dan Cara Menggunakannya. Semoga bermanfaat.

      You Are What You Share

      Give us your opinion

      Notification
      This is just an example, you can fill it later with your own note.
      Done