Bolehkah Kita Membuat 2 Blog Dengan Konten Yang Sama Persis? - WEBSITOES
News Update
Loading...

Selasa, 11 Februari 2020

Bolehkah Kita Membuat 2 Blog Dengan Konten Yang Sama Persis?

"can we create 2 blog with the exact same content?"
Sekedar membuat blog saja memang mudah, tips membuat website baru juga tidak sulit ditemukan. Tidak butuh waktu 5 menit, blog sudah jadi.

Hanya butuh 1 hari untuk mengatur struktur blog. Cukup 2 minggu saja, blog kemungkinan sudah terindeks di search engine. 

1 bulan blog sudah bisa dipamerkan ke tetangga dan calon mertua, kalau laku. Jadi, sekedar membuat saja itu sangat mudah.

Menurut pengalaman saya yang susah adalah bagaimana menghadirkan konten-konten unik dan bermanfaat di blog. 

Unik saja, tidak terlalu sulit, otak saya masih mampu menemukan itu. Bermanfaat saja juga tidak terlalu sulit, karena referensi untuk menghadirkan itu semua juga banyak.

Yang sulit adalah konsisten menghadirkan konten unik dan bermanfaat. Saya yakin, hal itu juga dirasakan oleh banyak blogger. 

Sebagian dari kita mungkin ada yang bertanya, "bolehkah kita membuat 2 blog dengan konten yang sama persis?"

Saya ingin mencoba menjawab pertanyaan tersebutJika boleh dan tidak akan jadi masalah kan lumayan hehe. Peribahasa mengatakan :"satu kali mendayung dua tiga pulau terlampaui", wah, enaknya jika bisa diterapkan pada pembuatan konten atau artikel. Dimana 1 artikel bisa kita publikasikan di semua situs kita. 

Bolehkah kita membuat 2 blog dengan konten yang sama persis? Mari kita cari tau jawabannya!
  1. Aspek Hak Cipta. Jika konten yang anda maksud adalah konten yang original, dibuat oleh anda dengan tangan anda sendiri, dan kedua blog yang dimaksud adalah blog milik anda, maka tidak akan ada orang yang akan menuntut atas publikasi konten yang sama persis tersebut. Karena itu hak cipta anda yang dipublikasikann di blog-blog milik anda sendiri. Baik blog anda yang di Blogger maupun blog anda yang di Wordpress. Kesimpulannya: tidak ada masalah. Jangan senang dulu, ini baru dari aspek hak cipta. Bagaimana dari aspek lainnya?
  2. Aspek Persaingan. Kontennya sama persis, alias konten duplikat. Blognya satu di blogger (hosted) dan satu lagi di wordpress (non hosted). Nah, ini menarik. Tidak keduanya di blogger, tidak keduanya di wordpress. Kenapa jadi menarik? Karena blog yg di wordpress statusnya lebih merdeka dan lebih leluasa karena hosting sendiri (sewa rumah). Sedangkan yang di blogger statusnya numpang gratis. Tidak jarang, yang di wordpress lebih diprioritaskan di search engine. Untungnya keduanya milik anda, sehingga persaingan antara keduanya di search engine tidak terlalu berpengaruh bagi anda. Kesimpulan: tidak terlalu bermasalah.
  3. Aspek Webmaster. Sekalipun dari aspek hak cipta tidak bermasalah dan aspek persaingan di search engine tidak terlalu bermasalah, keberadaan konten duplikat di situs-situs anda malah akan menjadi masalah yang merugikan diri sendiri dari aspek webmaster. Karena hal itu mengindikasikan kurangnya kualitas anda sebagai seorang webmaster. Jadi terkesan kurang ide/gagasan. Sehingga situs andapun akan dinilai pengunjung sebagai situs kurang berkualitas. Search engine dengan algoritma baru, mengikuti perilaku pengunjung. Sehingga dimungkinkan konten-konten duplikat anda tidak manggung di halaman pencarian. Bukan itu saja, gara-gara nomor 2 dan nomor 3 ini, kedua blog ini kemungkinan besar akan ditolak adsense jika didaftarkan jadi publisher adsense, karena Google adsense tidak menyukai duplikat konten sekalipun webmasternya sama dan tidak menyukai webmaster yang tidak berkualitas. (Baca : Pedoman Kualitas Webmaster) Kesimpulan : Bermasalah
Nah, itu menurut saya. Bagaimana menurut anda?
Tapi 2 blogs with the exact same content juga bisa terjadi karena tidak disengaja, misalnya : Akibat perpindahan blog. Karena migrasi konten pada proses pindah blog seringkali mengakibatkan duplikat url konten (url konten di blog lama vs url konten di blog baru) seperti yang pernah saya alami. Pada kasus saya yang terbaru, saya memindahkan domain custom dari subdomain.blogspot A ke subdomain.blogspot B. Pindah tempat gratisannya saja, tapi kan bawa penumpang yaitu seperangkat konten back up beserta url-urlnya. Untuk hal ini saya akan membahasnya di artikel lain.

Satu yang pasti, 2 blogs with the exact same content tentu boleh tapi tetap tidak baik. 

You Are What You Share

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done