Cara Membuat Website Gratisan - WEBSITOES
News Update
Loading...

Rabu, 19 Februari 2020

Cara Membuat Website Gratisan

Tutorial Cara Membuat Website (Blog) Gratisan di Blogger (blogspot.com) dan Wordpress (wordpress.com)
Pada artikel ini saya akan menjelaskan cara membuat website (blog) gratisan di blogger.com dan wordpress.com sampai tuntas, dengan penjelasan yang lebih singkat tapi cukup jelas dan mudah untuk anda praktekan.

Sebagai contoh, website gratis yang akan dihasilkan dari tutorial ini adalah website dengan URL https://sukapala.blogspot.com dan https://websitoes.wordpress.com. silahkan dilihat.

Jika anda bermaksud untuk membuat website yang seperti itu, silahkan langsung praktekan tutorial yang saya jelaskan ini.

Saya akan menjelaskan tutorialnya di blogger terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan tutorial membuatnya di wordpress.

Apa yang harus anda persiapkan sebelum mempraktekan tutorial ini ?
  • HP Android (HP Cinitnit tidak bisa)
  • Satu Akun Email (Saran saya, email gmail.com) Jika anda belum memiliki email, silahkan membuatnya terlebih dahulu.


#Tutorial Cara Membuat di Blogger.com

  • Kunjungi situs ini https://blogger.com
  • Sign Up menggunakan namaemailanda@gmail.com.
  • Klik Blog Baru (Jika sebelumnya anda pernah membuat blog, maka halaman awalnya bukan lagi halaman pembuatan blog baru, melainkan dasboard admin blogger)
  • Isi form registrasi/pendaftaran (Jangan lupa ceklist persetujuan) Klik lanjutkan. Anda akan dibawa ke halaman seperti pada gambar langkah berikutnya
  • Masukan nama domain. misalnya : baitussalam.blogspot.com barangkali masih tersedia. Jika sudah tidak tersedia, coba nama lain, misalnya : sukapala.blogspot.com siapa tau masih tersedia. Biasanya jika alamat yang diminta sudah dipergunakan oleh orang lain maka akan ada pemberitahuan “maaf, alamat blog ini sudah tidak tersedia” dengan kotak tanda seru warna kuning di ujung kolomnya. Coba nama lain lagi, misalnya : kimgununggede.blogspot.com
    kim gununggede blogspot
    kimgununggede.blogspot.com
    Coba terus sampai ada pemberitahuan “alamat blog ini tersedia” dengan kotak centang warna biru di ujung kolomnya.
  • Isi kolom judul. Jika sudah berhasil menemukan nama subdomain yang cocok, selanjutnya anda isi kolom yang ada di atasnya, yaitu kolom nama judul blog. Nama judul blog sebaiknya disamakan dengan nama subdomain yang tadi dibuat, supaya bagus untuk SEO. Oleh karena pada contoh gambar tadi, domain yang masih tersedia adalah kimgununggede.blogspot.com maka judul blognya saya beri nama KIM GUNUNGGEDE. Begitu.
  • Pilih template default. Sebelum klik Buat Blog, jangan lupa untuk memilih template/theme. Ada banyak template yang bisa dipilih. Klik salah satunya. Jangan bingung, template ini hanya template sementara. Pada contoh gambar di bawah, saya memilih template contempo. Setelah website gratis ini jadi, template contempo tersebut kedepannya bisa anda ganti dengan template yang lebih keren. Anda bisa membelinya dari beberapa penjual ternama, bisa juga mendownload template gratisan. Baca Juga : Cara Mengganti Tema (Template) Blogger - Wordpress
  • Klik Buat Blog. Setelah klik buat blog, akan ada tawaran dari google domain untuk membeli domain yang sesuai dengan alamat website gratis anda. Klik lain kali, karena anda sedang diarahkan untuk membuat website gratis. Baca Juga : Cara Menyambungkan Domain Baru Ke Blogspot
  • Klik lihat blog untuk melihat bagaimana tampilan website (blog) pertama kali dibuat dengan template Contempo.
    tampilan awal kim gununggede blogspot
Sekarang anda berada di dasboard admin blogger dimana website gratis anda telah dibuat. Dashboard ini adalah ibarat sekretariat website anda. Nantinya, semua yang berkaitan dengan website anda akan anda kendalikan dari dashboard ini. Untuk mulai menulis artikel di blogger, sebaiknya sempatkan waktu sejenak untuk membaca artikel 40 Fitur Post Editor Blogger - Fungsi dan Cara Menggunakannya

#Tutorial Cara Membuat di Wordpress.com

Hampir mirip dengan cara membuat di blogger.com, cara membuat website (blog) di wordpress.com juga tidak sesulit yang anda bayangkan.

Bahkan dengan bermodalkan HP Android saja, seharusnya anda bisa membuatnya. Bagaimana caranya? Ikuti tutorialnya dan silahkan langsung dipraktekan. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Kunjungi situs ini https://wordpress.com atau https://wordpress.com/start/user/id untuk langsung landing di halaman pertama pembuatan. 
  • Memulai langkah pertama, silahkan Isi Formulir registrasi :
    Masukan alamat email, nama pengguna (nama pengguna yang dimaksud adalah nama admin yang nantinya akan mengelola website tersebut. Jangan bingung, masukan saja nama asli) dan kata sandi (masukan kata sandi yang susah ditiru) lalu Klik buat akun untuk mengakhiri langkah pertama dan sekaligus melanjutkan ke langkah kedua.
  • Pada langkah kedua ini anda harus memilih jenis website apa yang akan anda buat, pilihan klik : blog biasa/bisnis/profesional/toko online.
    Jika pada langkah kedua ini yang anda pilih adalah blog biasa, maka pada langkah ketiga anda akan dihadapkan pada pilihan desain template untuk pembuatan blog biasa. Jika yang anda pilih adalah bisnis maka pilihan selanjutnya adalah sesuatu yang berkaitan dengan bisnis termasuk kemungkinan template yang akan anda dapatkan pertama kali situs diterbitkan. Jika yang anda pilih adalah Profesional, maka pilihan selanjutnya yang dihadapkan adalah untuk membuat website berdesain template blog professional. Jika anda memilih Toko Online maka pada langkah selanjutnya anda akan diarahkan pada pembuatan toko online. Tips saya : Jangan bingung, pilih saja blog biasa, jika anda ingin menjadikannya website bisnis/profesional/toko online itu bisa dirubah nanti setelah websitenya jadi. 
  • Pada langkah ketiga ini anda juga akan dihadapkan pada banyak pilihan : penulisan blog, lokal, fotografi, perjalanan, orang-orang dan makanan.
    Tips saya : Pilih saja penulisan blog. Jangan bingung, nanti juga bisa hijrah lagi.... dan agar proses pembuatan ini bisa lebih cepat dan dibawa ke langkah berikutnya yaitu langkah keempat. 
  • Pada langkah keempat, anda akan diminta memastikan dan memutuskan nama blog.
    Ingat saran saya sebelumnya, bahwa : sebaiknya nama blog dan nama subdomain itu disamakan atau ada hubungannya, Misalnya : Jika anda mau membuat blog tentang pembahasan website, maka nama blognya jangan mobilbutut atau mobilbagus, karena kedua nama itu tidak ada hubungannya dengan pembahasan website. Buat nama yang relevan dengan fokus pembahasan website agar bagus di mesin pencari. Sebagai contoh, saya menamainya SITOES, kemudian klik lanjutkan agar dibawa ke langkah selanjutnya. 
  • Pada langkah kelima ini anda akan diminta untuk memastikan dan memasukan nama subdomain atau alamat blog anda, juga ekstensinya.
    Karena tadi saya bermaksud membuat blog yang fokus pada pembahasan website, maka saya menamainya SITOES, harapannya menjadi website dengan url sitoes.wordpress.com atau websitoes.wordpress.com. Jika anda melihat ke bawah pada contoh gambar tersebut, maka anda akan melihat banyak ekstensi : .life, .co, com, net, id dan sebagainya. karena anda pada tutorial ini sedang diarahkan untuk membuat website (blog) gratisan maka jangan klik semua tawaran dengan ekstensi yang ada. karena itu semuanya berbayar. pilih yang tanpa ekstensi.
  • Pada langkah keenam anda akan ditawari pilihan paket berbayar, yaitu : personal, premium dan bisnis.
    Lengkap dengan harga masing-masing paket yang ditawarkan. pilih : mulai dengan situs kosong supaya gratis. Langkah keenam adalah langkah terakhir pada tutorial untuk sekedar menghasilkan website gratis.
  • Setelah pada langkah keenam anda klik mulai dengan hosting kosong, maka selanjutnya anda akan dibawa ke situs blog wordpress yang baru saja dibuat. klik tombol kunjungi situs.
  • Selanjutnya anda akan dibawa ke situs anda pada mode browser setelah dipublikasikan. Seperti ini tampilannya 
  • Langkah selanjutnya adalah mengatur tampilan sebelum diluncurkan atau diterbitkan ke publik. 
Sebelum mulai menulis artikel pertama, ada baiknya anda membaca artikel 39 Fitur Default Post Editor Wordpress - Fungsi dan Cara Menggunakannya terlebih dahulu.
Semoga bermanfaat.

You Are What You Share

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done