Cara Mengganti Favicon di Blogger dan Wordpress - WEBSITOES
News Update
Loading...

Minggu, 02 Februari 2020

Cara Mengganti Favicon di Blogger dan Wordpress

FAVICON WWW WEBSITOES COM PUTIH BIRU
Tutorial Cara Mengganti Favicon di Blogger dan Wordpress

Favicon (Favorite Icon) adalah gambar kecil yang biasa tampil di title bar sebagai icon website ketika diakses oleh pengunjung. Gambar favicon ini sangat bermanfaat bagi pengunjung jika pengunjung sedang mengakses situs lebih dari satu, untuk membedakan mengenai situs mana yang akan diklik. Biasanya mata pengunjung tertuju pada gambar favicon. Sebagai contohnya adalah gambar favicon website ini.
Sekalipun bentuknya kecil, gambar favicon ini pengaruhnya cukup besar. Karena sebagaimana nama kepanjangannya "favorite icon", pemilik website menggunakan gambar favorit untuk ditampilkan. Tentu saja salah satu alasannya karena gambar ini secara tidak langsung mewakili wajah kita atau foto profil website kita di mata pengunjung.
Gambar favicon ini tidak kalah pentingnya dari logo yang biasa ditampilkan di header website/blog. Bahkan saya seringkali menganggap favicon lebih penting dari pada logo yang ditampilkan di header. Anda bisa melihat, bahwa website-website yang saya kelola jarang menggunakan logo di header, akan tetapi semuanya menggunakan favicon dan bahkan gambar logo sering saya pergunakan untuk favicon. Apa alasan saya?
  • Saya kurang suka logo di header, karena terkadang itu berpengaruh terhadap loading blog.
  • Favicon tidak mempengaruhi loading blog.
  • Tanpa favicon, blog saya mirip blog spam atau blog tidak terurus. Jadi saya memilih memasang favicon untuk menegaskan kepada dunia bahwa website saya website yang dikelola dengan baik. Sebaliknya tanpa header logo, website saya tidak kehilangan taji. Bahkan lebih bagus menurut saya.

Bagaimana cara memasang favicon di website kita?

Sebenarnya secara default semua website memiliki itu. Jika website kita di blogger, favicon defaultnya hurup B warna putih dengan background warna orange. Jika website kita di wordpress, favicon defaultnya hurup W berwarna biru langit dengan background warna biru muda. Yang paling sering dilakukan webmaster adalah menggantinya dengan yang lebih unik dan lebih merepresentasikan website. Misalnya :
  • Menggantinya dengan logo website.
  • Menggantinya dengan foto webmaster.
  • Menggantinya dengan gambar yang mudah diingat (ini yang paling penting, "mudah diingat pengunjung") 
Bagaimana cara menggantinya? pembahasan selanjutnya adalah tutorial cara mengganti favicon di blogger dan cara mengganti favicon di wordpress.

Cara Mengganti Favicon di Blogger dan di Wordpress

Persiapan Sebelum Proses Penggantian
Siapkan gambar kecil berbentuk kotak bujur sangkar.
Untuk di blogger : Ukuran minimal yang direkomendasikan adalah 16 x 16, lebih besar juga boleh, yang penting resolusinya tidak lebih dari 100 kb. Ini wajib. Jika ukuran panjang dan lebar tidak sama, maka nanti proses penggantian tidak akan berhasil. Begitu juga dengan besarnya resolusi, jika lebih dari 100 kb proses upload sangat dimungkinkan akan gagal.
Untuk di wordpress : Ukuran yang direkomendasikan adalah 512 x 512, tapi jangan khawatir, di wordpress ada fasilitas pangkas dadakan. Jadi berapapun ukurannya, upload aja. Bahkan sekalipun tidak memperdulikan fasilitas pangkas dadakan, gambar anda akan tetap bisa diupload, hanya saja ada resikonya yaitu gambar menjadi tidak seperti tampilan aslinya. Tidak seperti tampilan asli bagaimana maksudnya? jika tinggi gambar lebih dari 512, maka tubuh anda (jika gambar favicon adalah foto selfi anda) akan menjadi gendut karena tinggi dipaksa oleh sistem untuk jadi 512. Begitu juga jika lebar lebih dari 512, maka tubuh anda akan ditampilkan menjadi ramping karena gambar dipaksa sistem untuk sesuai yaitu 512.
Untuk memiliki gambar seperti yang sudah dibahas anda bisa membuatnya sendiri atau membuatnya di situs-situs tertentu yang khusus melayani pembuatan gambar seperti itu. Tapi saya lebih sering membuatnya sendiri.
Cara Mengganti Favicon di Blogger
Ada 2 cara. Baik cara kesatu maupun cara kedua hasilnya tetap sama. Terserah anda mau menggunakan cara yang mana.
Cara kesatu via layout
  • Login ke dasboard blogger >> layout (tata letak) >> favicon >> edit >> choose file >> upload gambar yang akan ditampilkan dari komputer
  • Klik simpan pengaturan layout
  • Refresh website atau hapus cache
  • Lihat perubahan gambar favicon di title bar
Cara kedua via template
  • Upload gambar yang akan ditampilkan sebagai gambar favicon.
  • Login ke dasboard blogger >> tema (template) >> edit html >> cari kode ini <link href='/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/> >> Ganti /favicon.ico dengan URL gambar yang tadi diupload
  • Klik simpan perubahan tema (template)
  • Refresh website atau hapus cache. Saran saya, sebelum melakukan ini sebaiknya anda keluar terlebih dahulu dari mode edit html.
Cara Mengganti di Wordpress
    Cara kesatu via customizer
    • Login ke dasboard admin wordpress >> tampilan >> sesuaikan >> identitas situs >> ikon situs (alias favicon) >> pilih ikon situs >> pilih gambar >> unggah berkas >> pilih berkas >> upload gambar yang akan ditampilkan sebagai icon dari komputer >> pangkas/lewati pemangkasan
    • Klik terbitkan penyesuaian (customizer)
    • Refresh website atau hapus cache
    • Lihat perubahan gambar favicon di title bar
    Cara kedua by plugin
    • Tidak disarankan
    Cara ketiga via cpanel
    • Tidak disarankan
    Itulah Cara Mengganti favicon di Blogger dan Wordpress. Semoga bermanfaat

    You Are What You Share

    Give us your opinion

    Notification
    This is just an example, you can fill it later with your own note.
    Done