Halaman 404 dan Cara Memperbaikinya - WEBSITOES
News Update
Loading...

Kamis, 13 Februari 2020

Halaman 404 dan Cara Memperbaikinya

Kali ini saya ingin membahas Halaman Erorr 404 dan Cara Memperbaikinya.

Saya menulis artikel ini setelah mengetahui bahwa artikel yang baru saja diperbaharui terdeteksi 404. Saya landing di halaman 404.

Ada step yang lupa tidak dilakukan sewaktu memperbaharui artikelnya. Artikel yang mana? artikel yang judulnya 40 Fitur Post Editor Blogger - Fungsi dan Cara Menggunakannya. Artikel yang belum lama dipublikasikan sebelum artikel ini.

Ternyata saya kecolongan lagi hehe. Bahkan saat mulai membuat artikel ini, halaman yang 404 belum saya perbaiki hehe. Agar kondisi halamannya bisa saya screenshoot. Sebagai bukti bahwa artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi. Tapi mungkin nanti sewaktu anda membaca artikel ini, halamannya sudah saya perbaiki. Ini jejak digitalnya :
Halaman 404 dan Cara Memperbaikinya WEBSITOES
Contoh Gambar Halaman 404 Websitoes.com
Halaman 404 adalah halaman kosong akibat artikel dihapus, atau bisa juga akibat perubahan link artikel.

Jika dikarenakan perubahan link, yang terjadi adalah artikel yang awalnya mengisi halaman tersebut bermigrasi ke halaman lain dengan linknya yang baru.

Perubahan link seperti ini bisa terjadi dikarenakan beberapa hal. Biasanya itu terjadi setelah penulis memperbaiki artikel.

Ada banyak alasan kenapa penulis memutuskan untuk memperbaiki artikel. Sayangnya terkadang hal itu malah mengakibatkan halaman 404.

Beberapa di antaranya disebabkan oleh :
  • Setelah memperbaiki artikel, penulis sengaja merubah link artikel. Tapi dia lupa tidak melakukan pengalihan dari link lama ke link baru. Seharusnya penulis membiasakan diri untuk memeriksa kembali link sebelum dipublikasikan. 
  • Sewaktu memperbaiki artikel, Penulis mengubah setelan jadwal. Dia tidak sadar atau memang dia tidak tahu bahwa perubahan setelan jadwal akan mengakibatkan artikel terpublikasikan di halaman baru dengan link/alamat url baru. Seharusnya penulis tidak merubah setelan jadwal jika tidak bermaksud untuk mempublikasikan artikel yang diperbaharui di halaman yang baru. Apa yang berubah dari link tersebut jika mengubah setelan jadwal? Yang berubah adalah jadwalnya. Sebagai contoh : link awal adalah https://www.websitoes.com/2020/01/40-fitur-post-editor-blogger.html?m=1 karena merubah setelan jadwal, link kemudian berubah menjadi https://www.websitoes.com/2020/02/40-fitur-post-editor-blogger.html?m=1 Linknya beda bulan 😁
  • Adapun perubahan yang saya lakukan pada kasus saya adalah saya memang sengaja merubah setelan jadwal, karena sesuatu hal. Kemudian saya lupa bahwa saya sudah merubah setelan jadwal

Bagaimana cara memperbaiki halaman 404?

Cara memperbaikinya adalah dengan redirect (pengalihan) link erorr tersebut ke link yang baru.

Berikut ini adalah tutorial cara memperbaikinya :
  • Temukan link artikel sebelumnya yang menjadi halaman 404. Ada banyak cara untuk menemukannya, salah satunya dengan mengunjungi artikel yang ditautkan ke link artikel yang jadi halaman 404 tersebut. Sebagai contoh : untuk menemukan link erorr 404 tersebut (40 Fitur Post Editor Blogger - Fungsi dan Cara Menggunakannya) saya membuka (mengedit) artikel 39 Fitur Post Editor Wordpress - Fungsi dan Cara Menggunakannya. Karena di artikel itu saya pernah menautkan link internal ke artikel 40 Fitur Post Editor Blogger - Fungsi dan Cara Menggunakannya. Pada box editor, klik tulisan ungu 40 Fitur Post Editor Blogger - Fungsi dan Cara Menggunakannya >> Klik fitur link di toolbar untuk membuka panel >> copy link yang tersisip dikolom link panel tersebut.
  • Lakukan proses pengalihan link artikel. Caranya : Dasboard blogger >> Setelan >> Preferensi Penelusuran >> Kesalahan dan Pengalihan >> Pengalihan Khusus >> Edit >> Pengalihan Baru >> Pastekan link lama pada kolom Dari http:// (yang butuh dipastekan adalah hanya potongan link /2020/01/40-fitur-post-editor-blogger.html?m=1 tanpa https://www.websitoes.com karena masih dalam satu situs) >> Pastekan juga link barupada kolom Kepada http:// (yang dibutuhkan adalah potongan link /2020/02/40-fitur-post-editor-blogger.html?m=1) tanpa https://www.websitoes.com
    Caranya adalah dengan Redirect
     >> Cheklist Permanen >> Simpan >> Simpan Perubahan.
  • Selesai.
Itulah sekilas pembahasan halaman 404 dan Cara Memperbaikinya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

    You Are What You Share

    Give us your opinion

    Notification
    This is just an example, you can fill it later with your own note.
    Done