Cara Delete Gambar di Blogger dan Wordpress - WEBSITOES
News Update
Loading...

Rabu, 25 Maret 2020

Cara Delete Gambar di Blogger dan Wordpress

Kali ini saya akan berbagi cara delete gambar blog di blogger dan di wordpress. Gambar yang saya maksud adalah gambar yang ada di artikel dan di arsip penyimpanan blog.

Keduanya penting diketahui pemilik blog. Karena keduanya mesti dilakukan agar penyimpanan tidak penuh dan bisa berakibat buruk pada loading blog.

#Delete Gambar Artikel Blogger

  • Login ke blogger >> postingan >> edit. Karena untuk menghapus harus pada mode edit. Bisa pada mode compose maupun mode html >> pilih mode compose saja
  • Klik/ketuk gambar >> pilih remove.
    Cara Delete Gambar di Blogger dan Wordpress
    >> Pilih Remove - Cara Delete Gambar di Blogger dan Wordpress
    Cara ini hanya menghapus gambar dari artikel saja. Untuk menghapusnya secara permanen kita harus menghapusnya dari tempat lain, yaitu menghapus arsip gambar tersebut dari situs album archive. 

#Delete Arsip Gambar Blogger

  • Kunjungi https://get.google.com/albumarchive/
  • Untuk menghapus 1 album : klik salah satu album. Ini akan membuka folder album yang mungkin berisi gambar lebih dari 1, setelah folder album terbuka >>
    klik 3 titik di sudut kanan atas >> klik hapus album >> Klik lagi hapus untuk tawaran berikutnya.
    Penghapusan ini bersifat permanen dan tidak bisa dikembalikan. Jika ingin mengembalikan, maka caranya hanya satu yaitu menguploadnya lagi. Untuk menghapus salah satu gambar, setelah album terbuka >> klik salah satu gambar >> klik 3 titik di sudut kanan atas >> klik hapus foto

#Delete Gambar Artikel Wordpress

  • Login ke dasboard admin wordpress >> post >> semua post >> pilih judul artikel >> edit 
  • Klik gambar yang akan dihapus >> hapus (atau bisa langsung tekan tombol backspace atau delete pada keyboard). Cara ini tidak jauh beda dengan cara menghapus gambar artikel di blogger, dimana untuk sekedar menghapus bisa dilakukan melalui halaman edit artikel. Akan tetapi sebagaimana di blogger, di wordpress juga cara ini tidak menjadikannya terhapus secara permanen. Untuk menghapusnya secara permanen bisa dengan cara menghapus gambarnya dari media pustaka berkas. Tidak perlu masuk ke file manager di cpanel hosting.

#Delete Arsip Gambar Wordpress

  • Login ke dasboard admin blogger >> media >> pustaka. Semua berkas ada di sini, baik berkas berupa gambar maupun file lainnya seperti video, audio, document, dan lain sebagainya. Karena cara menghapusnya sangat mudah, saya tidak perlu menjelaskannya. Silahkan diperhatikan saja fitur-fitur yang ada. Sebenarnya bisa juga menggunakan plugin, tapi saya tidak menyarankan. Karena menghapusnya secara manual saja sangat mudah. Plugin malah menambah beban loading blog anda jika terlalu banyak.
Itulah cara-cara menghapus gambar, baik di blogger maupun di wordpress.

Sebenarnya penghapusan konten baik berupa artikel, gambar, video, audio, documen dan berkas lainnya tidak baik untuk SEO blog anda. Karena setiap penghapusan konten bisa mengakibatkan URL berhalaman kosong atau istilah lainnya "halaman erorr 404".

Jadi jika penghapusan konten tidak sangat penting bagi anda, sebaiknya anda tidak melakukannya.

Tapi jika tidak ada cara lain selain melakukan penghapusan, sebaiknya URL konten yg dihapus diredirect terlebih dahulu ke konten pengganti agar tidak menjadi halaman erorr 404.

Bagaimana jika sudah terlanjur menjadi halaman erorr 404? Begini cara mengatasinya.

You Are What You Share

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done