Cara Membuat Website Baru Dengan Domain Bekas dan Hosting Bekas - WEBSITOES
News Update
Loading...

Selasa, 10 Maret 2020

Cara Membuat Website Baru Dengan Domain Bekas dan Hosting Bekas

Cara Membuat Website Baru Dengan Domain Bekas dan Hosting Bekas
Cara Membuat Website Baru Dengan Domain Bekas dan Hosting Bekas
Cara Membuat Website Baru Dengan Domain Bekas dan Hosting Bekas. Hehe, kedengarannya agak aneh. Tapi ini benar sesuai dengan fakta yang sebenarnya.

Untuk memiliki website di wordpress self hosting, kita membutuhkan domain dan paket hosting. Untuk memiliki keduanya kita butuh biaya.

Saya berencana membuat website baru, tapi tidak mau mengeluarkan biaya lagi.

Salah satu ide yang saya dapatkan adalah menggabungkan domain bekas dan paket hosting bekas.

Saya memiliki 1 domain bekas yang selama ini sudah dihostkan di blogger. Saya anggap bekas karena blognya tidak saya urus. Mubadzir...

Saya juga memiliki 1 paket hosting bekas yang domainnya expired karena tidak saya perpanjang.

Domain bekas yang saya maksud diregistrasi/dibeli di webhosting yang berbeda dengan paket hosting bekas.

Saya bermaksud menggabungkan keduanya menjadi 1 website baru. Bagaimana caranya?

Cara ini hampir sama dengan cara memindahkan blog dari blogger ke wordpress.

Sebelum melakukan cara ini, saya meminta ijin terlebih dahulu kepada webhosting tempat saya membeli paket hosting, untuk mengisi paket hosting bekas tersebut dengan domain lain yang ada di blogger dan diregistrasi di webhosting berbeda.

Berikut ini adalah tutorial cara membuat website baru di wordpress dengan memanfaatkan domain bekas dan paket hosting bekas :
  1. Minta izin dulu kepada customer service webhosting tempat paket hosting, sekalian minta dibantu untuk prosesnya. Komunikasikan dengan baik, jangan melakukan cara ini dengan sembunyi-sembunyi. Sekalipun kita memiliki hak untuk melakukannya, karena keduanya memang milik kita.
  2. Reset hosting atau cukup uninstall wordpress dari domain lama yang expired. Caranya : Member area >> Layanan >> hosting >> cpanel >> wordpress management >> hapus instalasi wordpress
  3. Update arah name server domain di DNS Management webhosting tempat registrasi domain bekas yang akan mengganti. Caranya : member area webhosting >> Domain >> DNS Management >> Name server. Ubah arahnya ke server webhosting tempat paket hosting.
  4. Hapus/putuskan hubungan domain dari blogger dengan mengklik tanda silang (x) dari setelan dasar admin di blogger. Caranya : dasboard blogger >> setelan >> dasar >> publikasi >> alamat >> klik tanda silang pada domain customnya.
  5. Ubah domain paket hosting pada pengaturan pengelolaan hosting. Karena domain sebelumnya sudah expired dan instalasi wordpressnya sudah dihapus/uninstall, maka tidak sulit mengubahnya dengan domain pengganti. Setelah melakukan langkah ini, saya membiarkannya selama 1 hari agar langkah berikutnya tidak terlalu dipaksakan. Hal ini berkaitan dengan durasi proses propagasi dan pemutusan hubungan domain dengan host sebelumnya yaitu blogger. ini sekedar antisifasi saja, jangan sampai tergesa-gesa yang bisa mengakibatkan kegagalan di langkah berikutnya. Gambar di bawah ini adalah sreenshoot setelah pengubahan domain paket hosting berhasil dilakukan.
  6. Install wordpress untuk website baru dengan domain baru tapi bekas di wordpress management 😁
    setelah terinstall. tombol off biarkan tetap off
  7. Kunjungi website baru dengan klik tanda panah kecil yang ada di samping tombol off pada gambar di atas, atau ketik domainanda/wp-admin di browser
  8. Selesai.
Sekarang website baru tersebut sudah online di wordpress dengan menggunakan paket hosting bekas domain saya yang expired.

Semoga bermanfaat.

You Are What You Share

2 komentar

  1. Terima kasih infonya sangat bermanfaat, kunjungi juga website kami di https://jos.co.id/
    sukses selalu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah jika bermanfaat,
      ya sama-sama kak, sukses juga buat kakak....

      Hapus

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done