4 Website Sekolah Sangat Sederhana Hemat Biaya Untuk Belajar Online - WEBSITOES
News Update
Loading...

Kamis, 02 April 2020

4 Website Sekolah Sangat Sederhana Hemat Biaya Untuk Belajar Online

Sesuai judul artikel, kali ini saya akan membahas 4 jenis website sekolah sangat sederhana yang hemat biaya untuk keperluan belajar online.

Mudah-mudahan artikel ini bisa sedikit membantu meminimalisir kegalauan situasi dampak virus corona covid 19, dimana murid sekolah diharuskan belajar secara online karena tidak lagi bisa bertatap muka seperti biasa dengan guru pada proses ta'lim (transfer ilmu).

Sebenarnya ada banyak cara belajar alternatif yang direkomendasikan pemerintah, antara lain :
  • Membuat WA Group. Ini adalah cara yang paling banyak digunakan karena dianggap paling simple. Tapi sayangnya terlalu banyak WAG membuat kita jadi malas membuka aplikasi WA. 
  • Belajar online di situs-situs pendidikan seperti ruangguru.com. Ini juga bagus, guru sekolah cukup mengarahkan siswa ke salah satu halaman tertentu di situs tersebut. Salah satu provider malah menggratiskan kuota internet untuk mengakses ruangguru.com demi mendukung cara ini. Tapi sayangnya ini juga menjadi kurang efektif, karena materi belajar menjadi tidak dapat dikendalikan sepenuhnya oleh pihak sekolah. 
  • Belajar online melalui website sekolah. Menurut saya ini adalah cara yang paling tepat, karena segala sesuatunya akan menjadi di bawah kendali sekolah. WAG dan situs pendidikan lainnya dijadikan alternatif melengkapi kekurangan website sekolah, bukan sebaliknya.
Membuat website sekolah sederhana bisa menjadi salah satu pilihan yang cukup logis di tengah situasi seperti ini, agar bisa meminimalisir pengeluaran biaya.

Tidak harus mewah, tidak harus mahal, yang penting dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dan materi pelajaran sekolah secara online.

Saya bukan sedang menawarkan jasa pembuatan, melainkan akan menuliskan sedikit gambaran mengenai spesifikasi dan estimasi biaya yang dibutuhkan untuk membuatnya.


Siapa yang membuatnya? Anda. Bukan saya.

4 Website Sekolah Sangat Sederhana Hemat Biaya Untuk Belajar Online
4 Jenis Website Sekolah Sangat Sederhana Hemat Biaya Untuk Keperluan Belajar Online

4 Jenis website sekolah ini ada yang berbayar, ada juga yang gratisan. Saya akan menjelaskan spesifikasi dan estimasi biayanya satu per satu.

1. Website Sekolah Sederhana di Wordpress.org

Untuk pilihan pertama, saya memilih dan merekomendasikan wordpress.org sebagai platform, karena tempat yang paling ideal untuk membuat website jenis apapun adalah di content management system yang satu ini.

Dengan segala fasilitas yang dihadirkan oleh wordpress.org, tentunya kita tidak akan kesulitan untuk memiliki sebuah website sekolah yang ideal.

Di wordpress, baik wordpress.org maupun wordpress.com kita tidak perlu coding, karena ada ribuan template gratis siap pakai dan ribuan plugin yang bisa dipergunakan kapan saja untuk melengkapi kebutuhan pembuatan, optimasi dan pengelolaan website secara berkelanjutan.

Hanya saja, untuk memiliki website sekolah di wordpress.org kita perlu menyiapkan dana. Setidaknya dibutuhkan dana untuk membeli spek dasar website, seperti : domain, hosting dan biaya perpanjangan tahunan keduanya.

Berikut ini adalah spesifikasi yang dibutuhkan untuk membuat website sekolah "sederhana hemat biaya" di wordpress.org :
  • Domain. Untuk domain, website sekolah biasanya menggunakan ekstensi .sch.id atau ac.id. Ada juga yang memilih or.id dan web.id. Di beberapa domain name registrar atau webhosting, harga domain seperti ini dibandrol masih di bawah kisaran Rp.100.000
  • Hosting. Untuk hosting, menurut saya kita tidak perlu berhosting di webhosting luar negeri. Karena website sekolah tidak memerlukan kelebihan yang ditawarkan webhosting luar negeri. Kecuali sekolah kita dimaksudkan untuk go internasional. Akan tetapi sangat penting memilih webhosting dengan server yang stabil. Harga hosting tergantung paket hosting yang digunakan. Tergantung sekolahnya juga, karena beda jenjang sekolah berdampak pada perbedaan kebutuhan daya tampung pengunjung website. Untuk masalah ini, paket hosting seharga Rp.900.000 saya yakin sudah cukup memadai untuk website sekolah sederhana. Setidaknya dengan seharga itu sudah mampu menampung lebih dari 2.500 pengunjung harian
  • Template. Untuk template, template gratis yang disediakan oleh wordpress.org menurut saya sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan desain website sekolah sederhana. Template-template tersebut juga aman untuk dipergunakan, karena sudah diverifikasi oleh wordpress.org. Anda bisa mencoba beberapa template berikut : Edupress, University, Academica dan MH Magazine. Khusus untuk Edupress dan MH Magazine saya pernah menggunakannya untuk waktu yang cukup lama. Anda mungkin bisa mencobanya untuk website sekolah.
  • Plugin. Untuk plugin juga sama, saya yakin plugin-plugin gratis juga bisa dioptimalkan. Plugin membership adalah salah satu plugin yang penting ada menjadi pelengkap pada website sekolah. Salah satu plugin membership yang cocok untuk melengkapi website sekolah adalah : Plugin Ultimate Member. Ini plugin gratis yang bisa anda download di directory wordpress.org.
  • SSL. Untuk SSL, penggunaan SSL gratis bisa meminimalisir anggaran. Plugin Gratisan Really Simple SSL menurut saya sudah cukup bagus untuk mengenkripsi website sekolah sederhana.
Jadi dana yang perlu anda persiapkan hanya Rp.1.000.000. Ini masih bisa diminimalisir.

Untuk meminimalisir biaya, anda bisa mencoba mencari paket hosting yang murah. Sayangnya ini biasanya berdampak pada daya tampung pengunjung dan loading website.

Solusi lainnya agar lebih hemat adalah mengalihkan perhatian ke  blogger.com. Di blogger.com lebih irit, karena di blogger.com tidak harus membayar hosting.

2. Website Sekolah Sederhana Hemat Biaya di Blogger.com

Untuk urutan kedua, sebagai alternatif wordpress.org adalah blogger.com

Jika website kita di blogger.com, baik blogspot maupun domain custom, istilah yang lebih populer adalah "blog" alias web log. Dengan kata lain, website jenis blog.

Selain di blogger.com lebih hemat biaya, platform ini juga menawarkan kemudahan dan pengelolaan yang cukup simple. Saya sebut simple, karena semua terkait website, baik desain, data, maupun konten dapat dikelola dari satu tempat, yaitu dasboard admin blogger. Tidak ribet seperti di wordpress.org yang harus bolak-balik tirilik sini tirilik sana mengakses cpanel.

Hanya saja di blogger.com kita harus banyak melakukan coding. Di blogger.com tidak ada plugin. Hampir semua keinginan harus dituntaskan dengan coding. Ini cocok bagi sekolah yang admin websitenya menyukai tantangan 😉

Template bawaan yang disediakan juga sangat terbatas dan sangat tidak menarik, sehingga anda akan membutuhkan template dari pihak ketiga. Saran saya, gunakan template premium.

Berikut ini adalah spesifikasi dan estimasi biaya untuk pembuatan website sekolah sederhana di blogger.com :
  • Domain sch.id/ac.id/or.id di bawah Rp.100.000
  • Hosting Rp.0. Karena blogger menggratiskannya untuk semua pengguna.
  • Template Premium. Untuk template premium, usahakan membeli dari pihak ketiga dengan harga kisaran Rp.300.000 - 400.000. Karya blogger indonesia juga banyak
Dengan uang sejumlah Rp.500.000 + Coding, website sekolah anda insya Allah cukup layak dipergunakan untuk belajar online.

3. Website Sekolah Sangat Sederhana (Gratis) di Wordpress.com

Website sekolah gratis yang saya maksud adalah website jenis subdomain yang dibuat di wordpress.com, bukan di wordpress.org. Contoh URL yang dihasilkan adalah https://websitesekolah.wordpress.com. Kenapa bukan subdomain yang di wordpress.org. Karena untuk membuat website subdomain di wordpress.org, tentu sebelumnya anda harus membuat website berbayar sebagai website domain utamanya.

Jika anda membuat website di wordpress.com, segala fasilitas sudah disediakan oleh wordpress.com secara gratis, termasuk template.

Anda hanya tinggal daftar untuk membuat, memilih template yang akan digunakan, melakukan sedikit pengaturan dan selanjutnya fokus membuat artikel.

Hebatnya, fasilitas yang disediakan sangat mudah untuk dipergunakan. Tidak perlu coding seperti di blogger.com. Sangat cocok bagi anda yang baru pertama kali menggunakan website, karena pengaturan segala sesuatu tentang website bisa diatur dengan sangat mudah dari dasboard.

Akan tetapi fasilitas yang disediakan wordpress.com tentu saja tidak sama dengan fasilitas yang dihadirkan wordprss.org

Berikut ini adalah kekurangan website gratisan yang dibuat di wordpress.com :
  • Ketersediaan template yang bisa digunakan tidak sebanyak di wordpress.org. Tapi menurut saya semuanya sudah bagus dan keren untuk kelas website gratisan.
  • Tidak bisa menggunakan template selain template yang sudah disediakan secara gratis. Beda dengan di wordpress.org dan blogger.com yang bisa menggunakan template yang didownload atau dibeli dari pihak ketiga. 
  • Tidak bisa menggunakan plugin, karena tidak disediakan. Beda dengan di wordpress.org yang dibekali ribuan plugin gratis dan bisa menggunakan plugin dari ketiga. 
  • Tidak bisa dimonetisasi. Tapi menurut saya hal ini sama sekali tidak berdampak untuk website sekolah karena bukan website komersil.
Tapi jangan salah, website anda sangat aman. Karena dibawah pengamanan wordpress.com. Wordpress.com yang menjaga keamanan website anda. Bahkan jauh lebih aman daripada memiliki website di wordpress.org.

4. Website Sekolah Sangat Sederhana (Gratis ) di Blogger

Urutan terakhir ini tentunya lebih sederhana dari urutan nomor 3, yaitu membuatnya di blogger.com dengan url nantinya https://websitesekolah.blogspot.com, bukan yang https://website.sekolah.sch.id, Karena contoh yang kedua ini butuh biaya untuk website domain utamanya.

Jika anda memilih opsi ini, sebaiknya tidak mengandalkan template gratis bawaan, karena peserta didik butuh tampilan yang enak dipandang.

Saya menyarankan anda menggunakan template lain yang sesuai untuk penyampaian materi pendidikan. Ada banyak template blogger gratis yang bisa anda download di idnthemes, goyabloggertemplate, soratemplate dan lain sebagainya.

Tapi saya tidak menyarankan anda menggunakan template bajakan, karena itu melanggar hak cipta.

Itulah 4 jenis website sekolah sederhana hemat biaya yang layak anda coba.

Dengan catatan anda membuatnya sendiri. Jika dibuatkan orang lain tentu ada biaya pembuatan, installasi dan optimasi yang harus anda bayar.

Tentunya pilihan terbaik anda di tangan anda. Semoga bermanfaat.

You Are What You Share

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done