Cara Download dan Installasi Wordpress Secara Manual Melalui File Manager - WEBSITOES
News Update
Loading...

Sabtu, 25 April 2020

Cara Download dan Installasi Wordpress Secara Manual Melalui File Manager

Artikel ini menjelaskan tutorial cara download dan installasi wordpress secara manual melalui file manager yang ada di cpanel hosting.


Artikel ini dibuat menyesuaikan dengan kebiasaan pengguna. Salah satunya adalah dibuat simple, karena pengguna umumnya menyukai cara yang simple.

Salah satu cara installasi wordpress yang mudah dilakukan adalah melalui file manager, tapi untuk melakukan cara ini anda harus mendownload file zip wordpress terlebih dahulu dari situs wordpress.org.

Jika anda baru pertama kali menggunakan wordpress, cara yang akan saya jelaskan ini mungkin tidak terlalu penting. Karena saya yakin semua webhosting saat ini sudah memfasilitasi cara install otomatis untuk semua paket hosting yang mereka promosikan.

Tapi bukan berarti anda tidak akan membutuhkan cara ini untuk selamanya. Pada situasi tertentu, cara ini bisa jadi harus anda lakukan, misalnya : jika anda bermaksud untuk membuat website subdomain pada website wordpress yang sedang anda kelola.

Cara Download File Zip Wordpress :
  1. Akses https://wordpress.org/download/ di situs wordpress.org
    Cara Download File Zip Wordpress
    Cara Download File Zip Wordpress
    Ada 2 jenis format yang tersedia, pilih download yang kotak biru. Isinya file wordpress berformat zip
  2. Klik Download. Sekarang anda sudah memiliki file wordpress original. 
Yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah menginstallnya ke website anda dengan cara menguploadnya ke public html di file manager
    Cara Installasi Wordpress Secara Manual Melalui File Manager :
    1. Login ke Cpanel. Klik File Manager
      Cara Installasi Wordpress Secara Manual Melalui File Manager
      Cara Installasi Wordpress Secara Manual Melalui File Manager
    2. Klik Public html
    3. Klikl Upload, untuk mengupload file zip wordpress tadi.
      Klik Upload, untuk mengupload file zip wordpress tadi
      Klik Upload, untuk mengupload file zip wordpress tadi
    4. Jika proses upload file wordpress format zip sudah selesai 100%, silahkan klik back to home. ini akan mengembalikan anda ke folder public html.
    5. Di public html, yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah mengextract File Zip Wordpress yang tadi sudah selesai diupload. Ini penting untuk mengeluarkan isi file zip. Karena file wordpress pada file zip tadi tidak akan berfungi jika masih dikandangi di format zip. Caranya : ketuk >> klik kanan >> klik Extract. Setelah file zip tersebut diextract, isinya akan berada di folder baru bernama "wordpress" atau public_html/wordpress.
    6. Selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah memindahkan semuanya dari folder public_html/wordpress ke folder public_html. Pada saat sistem menawarkan directory penyimpanan, sistem akan menawarkan kembali folder wordpress sebagai penyimpanan, begini tulisannya public_html/wordpress. Nah, hapus tulisan wordpessnya, menjadi public_html/ kemudian klik move. Hasilnya, semua file akan pindah dari folder wordpress ke folder public html
    7. Selesai. 
    8. Folder wordpress dan file wordpress berformat zip sekarang boleh dihapus, karena sudah tidak dibutuhkan. Saya pikir, menghapus keduanya merupakan pilihan yang tepat karena bisa meluaskan memori penyimpanan.
      Itulah tutorial cara download dan installasi wordpress secara manual melalui file manager yang ada di cpanel hosting. Semoga bermanfaat.

      You Are What You Share

      Give us your opinion

      Notification
      This is just an example, you can fill it later with your own note.
      Done