Cara Mengawinkan Domain Kepada Hosting Yang Beda Webhosting - WEBSITOES
News Update
Loading...

Rabu, 29 April 2020

Cara Mengawinkan Domain Kepada Hosting Yang Beda Webhosting

Bagaimana cara mengawinkan domain kepada hosting yang beda webhosting?

Karena tentu saja caranya menjadi sedikit berbeda dengan ketika kita mengawinkannya kepada hosting yang webhostingnya sama, alias masih sekandang.

Cara ini mungkin akan dibutuhkan ketika anda membuat website berbayar di wordpress.org. Baik website untuk toko online, website sekolah, dan lain sebagainya. 

Sebagai contoh : anda membeli domain di domain name registrar atau webhosting A (Contoh : Google domain, Godady atau IDCloudhost) kemudian membeli paket hostingnya di webhosting B (Contoh : niagahoster, hostinger)

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum anda melakukan cara ini :
  1. Pastikan domain dan paket hosting keduanya milik anda. Bukan milik orang lain
  2. Perangkat yang digunakan, baik komputer maupun android harus standby mengakses 2 situs yang berbeda, yaitu situs webhosting A (tempat domain) dan situs webhosting B (tempat hosting). Lebih spesifiknya dasboard member area kedua webhosting tersebut. Saran saya : sebaiknya anda menggunakan komputer atau laptop bukan android.
  3. Anda harus mengenal dengan baik dasboard member area webhosting A dan webhosting B, terutama Domain Management webhosting A dan WP Management webhosting B. Saran saya : Kenali dengan baik terlebih dahulu, santai saja, anda jangan tergesa-gesa untuk melakukan cara yang spektakuler ini.
  4. Pastikan domain di Domain Management webhosting A dalam keadaan unlock bukan dalam keadaan locked atau domain lock. Karena jika dalam keadaan locked, domain tidak akan bisa dipergunakan selain di webhosting A. 
  5. Pastikan juga hosting yang akan dipergunakan di webhosting B dalam keadaan sudah kosong atau sudah direset, bukan hosting yang berdomain aktif
  6. Pastikan komunikasi dengan customer service kedua webhosting lancar, Jangan berlagak tidak butuh bantuan. Untuk berjaga-jaga jika ada masalah.
  7. Segelas kopi hitam, agar tidak mudah panik.
Jika semua itu sudah dipersiapkan, anda akan lebih mudah untuk mengawinkan keduanya. Jangan lupa baca basmalah dan shalawat supaya berkah.

Tutorial Cara Mengawinkan Domain Kepada Hosting Beda Webhosting


Arahkan Name Server Domain ke Server Hosting


Langkah ini dilakukan di domain management webhosting A (tempat domain).

Caranya : Login ke member area webhosting A >> Domain >> DNS Management >> Name server. Ubah arah name server ke server webhosting B. Untuk mengetahui name server webhosting B, anda bisa bertanya langsung ke customer service webhosting B via livechat ataupun WA
Cara Mengawinkan Domain Kepada Hosting Yang Beda Webhosting
Cara Mengawinkan Domain Kepada Hosting Yang Beda Webhosting
Pastikan langkah ini dilakukan dengan benar. Santai saja.

Karena jika ada kesalahan pada langkah ini, langkah selanjutnya yaitu ubah domain hosting di webhosting B tidak akan berhasil dan domain tidak akan bisa digunakan di webhosting B (tempat hosting).


Update (Ubah) Domain Hosting


Caranya : Login ke member area webhosting B >> Hosting >> Domain >> Ubah >> Masukan domain baru atau penggantinya >> Save

Jika pada langkah sebelumnya name server sudah diarahkan dengan benar
seharusnya langkah mengubah domain hosting di webhosting B ini tidak ada kendala.

Selesai. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

You Are What You Share

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done