Cara Membuat Email di Gmail - WEBSITOES
News Update
Loading...

Senin, 04 Mei 2020

Cara Membuat Email di Gmail

Cara Membuat Email di Gmail
Tutorial Cara Membuat Email di Gmail
Cara membuat Email di Gmail (@gmail.com) sebenarnya lebih mudah jika kita menggunakan HP Android. Berikut ini adalah tutorialnya :

A. AKSES SITUS GMAIL


Ada 2 pintu untuk mengakses halaman pembuatan akun email di situs gmail.com, yaitu : Search Engine dan Setelan di HP Android


Search Engine?

Di search engine (mesin pencari) anda hanya perlu ketik Gmail untuk bisa menampilkan artikel suport google yang di dalamnya memuat link eksternal menuju halaman pembuatan akun email Gmail. Klik artikel tersebut untuk mengaksesnya.



ketik Gmail untuk bisa menampilkan artikel suport google yang di dalamnya memuat link eksternal menuju halaman pembuatan akun email Gmail


Setelah sampai ke halaman ini, klik buat akun
Buat akun gmail

Setelan di HP Android?
Untuk melakukan cara ini anda tinggal masuk ke aplikasi Gmail yang ada di HP Android anda, kemudian klik simbol 3 garis Menu yang biasanya ada di sebelah kiri atas HP Android >> klik roda menu Setelan

aplikasi Gmail yang ada di HP Android

di Halaman ini anda juga akan menemukan beberapa akun Gmail yang aktif atau pernah ditambahkan sebelumnya, lihat beberapa yang saya coret merah. Kemudian klik Tambahkan akun

klik Tambahkan akun

Untuk selanjutnya, karena yang akan anda tambahkan adalah email Gmail, dan Gmail adalah produk layanan email milik Google, maka yang harus anda klik adalah Google

yang harus anda klik adalah Google

Selanjutnya klik Buat akun, untuk dibawa ke halaman pembuatan akun email Gmail yang baru
klik Buat akun, untuk dibawa ke halaman pembuatan akun email Gmail yang baru

Ternyata setelah klik buat akun, yang muncul adalah pilihan jenis akun email apa yang akan dibuat, yaitu : Untuk diri sendiri atau Untuk mengelola bisnis saya 
Klik Untuk diri sendiri kemudian klik Berikutnya

Untuk diri sendiri atau Untuk mengelola bisnis saya

B. BUAT AKUN GMAIL
Baik masuk melalui search engine maupun setelan akun email gmail di aplikasi HP android, pada langkah selanjutnya yaitu pembuatan akun tampilannya tidak jauh beda, seperti pada gambar di bawah. Pada tahap ini anda akan diminta memasukan :
nama depan, nama belakang
nama pengguna (maksudnya alamat email), sandi (agar tulisan bisa dilihat, colok/klik simbol mata yang ada disampingnya), konfirmasi sandi (harus sama seperti sandi yang di atasnya)
Lihat juga contoh pengisiannya, kemudian klik Berikutnya
Halaman pemBUATan AKUN GMAIL

Pada langkah berikutnya anda akan diminta nomor HP (boleh tidak diisi - cuekin saja)
Untuk email pemulihan, gunakan saja email yang anda pergunakan untuk HP android anda (Jika nomor HP tadi diisi, email pemulihan tidak perlu diisi)
Tanggal, bulan dan tahun isi dengan tanggal bulan tahun lahir. Jika anda lupa, anda bisa bertanya kepada mantan-mantan anda yang masih hidup.
Untuk pengisian gender (jenis kelamin) Pilihan gender akan muncul jika diklik.
Kemudian klik berikutnya

Konfirmasi Email Pemulihan Gmail

Berikutnya anda diminta untuk membaca dan menyetujui privasi dan persetujuan. Jika tidak klik Saya setuju, proses pembuatan tidak akan diACC. Klik Saya setuju

anda diminta untuk membaca dan menyetujui privasi dan persetujuan

Tampilan sebagaimana gambar di bawah merupakan tampilan awal setelah email berhasil dibuat.
Pada tahap ini anda diminta menyetujui pengklasifikasian atau pengkategorian di kotak masuk nantinya perihal pesan surel yang diterima.
Jika anda klik Oke, maka kategori sebagaimana yang ditawarkan. Jika klik ubah kategori, maka anda akan diminta mengubah sesuai keinginan anda.
Anda juga ditawari untuk mengaktifkan notifikasi prioritas. Saran saya klik aktifkan. Agar HP android anda tidak terlalu berisik dengan suara notifikasi setiap ada pesan surel yang masuk.
(Baca juga : Cara blokir notifikasi eksternal aplikasi HP Android)

anda diminta menyetujui pengklasifikasian atau pengkategorian di kotak masuk nantinya perihal pesan surel yang diterima

Gambar di bawah adalah contoh tampilan pesan surel pertama yang diterima akun email yang baru saja dibuat.
Pesan berisi ucapan selamat dari Google.

contoh tampilan pesan surel pertama yang diterima akun email yang baru saja dibuat.  Pesan berisi ucapan selamat dari Google.
Pesan ini juga sebagai pertanda bahwa akun email ini sudah bisa mulai dipergunakan untuk mengakses semua produk Google termasuk untuk membuat akun di blogger, google playstore, google book, google+, google drive, youtube, dan lain sebagainya.
Selesai.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

You Are What You Share

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done