2 Jenis Article (Kata Sandang) - WEBSITOES
News Update
Loading...

Selasa, 11 Agustus 2020

2 Jenis Article (Kata Sandang)

2 Jenis Article (Kata Sandang)
2 Jenis Article - Bahasa Inggris

2 Jenis Article (Kata Sandang) : Definite Article dan Indefinite Article

2 Jenis Article (Kata Sandang)

Dalam tata bahasa Indonesia kita mengenal istilah kata sandang sebagai sebuah kata yang tidak memiliki arti tapi kata tersebut menjelaskan kata benda.

Contoh kalimat berkata sandang : "sang pendekar dan si hidung belang"

Dalam contoh kalimat tersebut kata "sang" dan kata "si" tidak memiliki makna, tapi kata tersebut keberadaannya mendampingi kata benda telah ikut berpartisifasi membantu menjelaskan kata benda yaitu kata "pendekar" dan kata "hidung belang". Kata "sang" dan kata "si" tersebut adalah termasuk kata sandang dalam bahasa Indonesia.

Seperti itulah istilah article dalam tata bahasa inggris, jadi article dalam tata bahasa inggris sama dengan yang dimaksud kata sandang dalam tata bahasa Indonesia.

Dalam tata bahasa inggris terdapat 2 Jenis Article (Kata Sandang)

1.Definite Article

Definite article adalah jenis kata sandang pasti atau tertentu. Adapun kata yang termasuk definite article adalah : the.

Definite articles biasa dipergunakan untuk sesuatu yang sudah pasti atau sesuatu yang sudah tertentu (sudah dimaklumi). Hal tersebut bisa terjadi karena :
  • Kata benda yang disandanginya sudah pernah disebutkan dalam kalimat sebelumnya. Contoh kalimat : I have a cat. This is the cat. (saya mempunyai seekor kucing. Ini adalah kucing tersebut). Kata cat dalam contoh kalimat This is the cat sudah pernah disebutkan dalam kalimat sebelumnya, yaitu kalimat I have a cat. Maka cat dalam kalimat yang kedua menggunakan kata sandang the
  • Kata benda yang disandanginya menunjukkan pengkhususan dari common noun (kata jenis). Contoh kalimat : the rose is beautiful flower. (bunga rose adalah bunga yang cantik). Kata rose dalam kalimat tersebut menunjukkan pengkhususan dari kata jenis yaitu kata flower. Maka kata rose dalam contoh kalimat tersebut menggunakan kata sandang the karena kekhususan flowernya.
  • Kata benda yang disandanginya menunjukkan sesuatu yang hanya ada satu di dunia. Contoh kalimat : the sun shines every day (matahari menyinari setiap hari). Kata sun artinya matahari, dan kita semua memaklumi bahwa matahari itu hanya ada satu. Maka kata sun menggunakan kata sandang the

2.Indefinite Article

Indefinite article adalah kata sandang tidak pasti atau tidak tentu. Adapun kata yang termasuk indefinite article adalah : a dan an.
Indefinite article biasa dipergunakan untuk sesuatu yang tidak pasti atau sesuatu yang tidak tentu (tidak atau belum dimaklumi). Hal tersebut bisa terjadi karena :
  • Kata benda yang disandanginya belum pernah disebutkan dalam kalimat sebelumnya. Contoh kalimat : I have a cat. This is the cat. (saya mempunyai seekor kucing. Ini adalah kucing tersebut). Kata cat dalam contoh kalimat I have a cat belum pernah disebutkan dalam kalimat sebelumnya, karena kalimat I have a cat merupakan kalimat yang pertama. Berbeda dengan cat pada kalimat yang kedua yaitu kalimat This is the cat, Maka cat dalam kalimat yang kedua menggunakan kata sandang the, karena kata cat dalam kalimat yang kedua ini merupakan kata yang pernah disebutkan dalam kalimat sebelumnya sehingga cat dalam kalimat kedua menjadi maklum (sebagaimana sudah dijelaskan pada penjelasan definite article)
  • Kata benda yang disandangi merupakan kata jenis atau kata umum. Contoh kalimat : I want to buy a car (saya ingin membeli sebuah mobil). Kata car artinya mobil, dan kata mobil termasuk kata jenis yang masih bersifat umum. Maka kata car menggunakan kata sandang a
  • Kata benda yang disandangi merupakan kata yang menunjukkan suatu profesi atau pekerjaan. Contoh kalimat : I am a teacher (saya adalah seorang guru). Kata teacher artinya guru, dan guru adalah suatu profesi. Maka kata teacher menggunakan kata sandang a. Tapi ada juga kata benda yang menunjukkan profesi tapi dipergunakan sebagai gelar atau julukan, seperti valentine rossi yang memiliki julukan “the doctor”, maka itu menggunakan the bukan a karena itu merupakan kata benda yang sudah dimaklumi bersama atau sudah jelas maksudnya kepada siapa.

Perbedaan penggunaan a dan an.
  • Jika kata benda yang disandangi pengucapannya berawalan huruf konsonan, maka yang dipergunakan adalah a. Sekalipun kata benda tersebut secara tertulis berawalan hurup vokal. Contoh : a book dan a university (karena kata university sekalipun ditulis berawalan huruf vokal, pengucapannya berawalan huruf konsonan menjadi : yunive:siti)
  • Jika kata benda yang disandangi pengucapannya berawalan huruf vokal, maka yang dipergunakan adalah an. Sekalipun kata benda tersebut secara tertulis berawalan huruf konsonan. Contoh : an egg dan an hour (karena kata hour sekalipun ditulis berawalan huruf konsonan, pengucapannya berawalan huruf vokal menjadi : aue)

Itulah Ringkasan Penjelasan 2 Jenis Article (Kata sandang)

You Are What You Share

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done