8 Jenis Pronoun (Kata Ganti) - WEBSITOES
News Update
Loading...

Senin, 10 Agustus 2020

8 Jenis Pronoun (Kata Ganti)

8 Jenis Pronoun (Kata Ganti)
8 Jenis Pronoun - 8 Parts of Speech
Berikut Ini adalah Ringkasan Penjelasan 8 Jenis Pronoun (Kata Ganti) : Personal Pronoun, Demonstrative Pronoun, Interrogative Pronoun, Reflexive Pronoun, Reciprocal Pronoun, Relative Pronoun, Possessive Pronoun dan Indefinite Pronoun

8 Jenis Pronoun (Kata Ganti)

Pronoun merupakan salah satu dari 8 Parts of Speech. Pronoun adalah kata ganti noun (nama orang atau benda atau yang dibendakan). Fungsinya adalah agar kita tidak harus selalu mengulang kata dalam suatu kalimat (dalam hal ini kata yang dimaksud adalah noun). Misalnya : Zaid wants to buy a smartphone. He will buy it from the most complete online store (Zaid ingin membeli sebuah smartphone. Dia akan membelinya dari toko online terlengkap). Dengan penggunaan pronoun “He” dan “it”, kita jadi tidak perlu mengulang-ngulang kata “Zaid” dan “smartphone”. Hal ini juga membuat kalimat tersebut menjadi lebih enak dibaca dan lebih enak diperdengarkan (pronoun yang dipergunakan pada contoh kalimat di atas adalah personal pronoun, yang merupakan salah satu dari 8 jenis pronoun yang akan dibahas pada paragraf selanjutnya).
Dalam tata bahasa inggris, kita mengenal ada 8 jenis pronoun, yaitu: 
1).Personal Pronoun
Personal pronoun adalah pronoun yang dipergunakan sebagai kata ganti orang atau benda (atau yang dibendakan) secara spesifik. Contoh : I (saya/aku untuk orang), You (kamu/anda untuk orang) atau He dan It sebagaimana pada contoh “Zaid wants to buy a smartphone. He will buy it from the most complete online store”, dan lain sebagainya.
Ada 2 Jenis Personal Pronoun, yaitu : Subject Personal Pronoun dan Object Personal Pronoun.
Subject Personal Pronoun adalah personal pronoun yang dipergunakan sebagai subject. Oleh karena dipergunakan sebagai subject, maka penempatannya dalam sebuah kalimat adalah sebagaimana layaknya penempatan subject kalimat bahasa inggris, yaitu sebelum predikat dan object. Jadi pronoun jenis ini ditempatkan sebelum kata kerja (verb) atau kata kerja bantu (auxiliary verb). Kata-kata yang dipergunakan adalah : I (saya/aku untuk orang), You (kamu/anda untuk orang), He (dia laki-laki untuk orang), She (dia perempuan untuk orang), It (dia/itu untuk benda atau makhluk tidak berakal), We (kita/kami untuk orang), They (mereka untuk orang, bisa juga untuk benda dan makhluk tidak berakal). Contoh penggunaan : 
  • I : I can help you (saya bisa menolong anda), I can’t helping you (saya tidak bisa menolong anda), I can’t stop loving you (aku tidak bisa berhenti mencintaimu), dan sebagainya. 
  • You : You will get a new car (anda akan mendapatkan sebuah mobil baru), you will buy a new smartphone (anda akan membeli sebuah smartphone baru), you will sell a book (anda akan menjual sebuah buku 
  • He : Zaid wants to buy a notebook. He will buy it from the most complete online store (Zaid ingin membeli sebuah notebook. Dia akan membelinya dari toko online terlengkap) 
  • She : I see Hindun in bookstore, She is looking for a new book (saya melihat Hindun di toko buku, dia sedang mencari sebuah buku baru) 
  • It : I bought a car. It very expensive (saya telah membeli sebuah mobil, mobil itu sangat mahal) 
  • We : My family is gathered, we will go to grandmother’s house (keluarga saya sudah berkumpul, kami akan berkunjung ke rumah nenek) 
  • They : Upin’s family has been gathered, they will go to Indonesia (keluarga Upin sudah berkumpul, mereka akan pergi ke indonesia)
Object Personal Pronoun adalah personal pronoun yang dipergunakan sebagai object. Personal pronoun jenis ini ditempatkan sesudah kata kerja (verb) atau kata depan (preposition). Kata-kata yang dipergunakan adalah : Me (saya/aku untuk orang), You (kamu/anda untuk orang), Him (dia laki-laki untuk orang), Her (dia perempuan untuk Orang), It (dia untuk benda/makhluk tidak berakal), Us (kita/kami untuk orang), Them (mereka untuk orang, bisa juga untuk benda dan makhluk tidak berakal). Contoh penggunaan : 
  • Me : can you love me? (bisakah kamu mencintaiku ?) 
  • You : sorry, I can’t loving you (maap, aku tidak bisa mencintaimu) 
  • Him : don’t trust him (jangan mempercayai dia!) 
  • Her : don’t trust her (jangan mempercayai dia!) 
  • It : I don’t like it (saya tidak menyukai itu) 
  • Us : please contact us if you need special suport! (silahkan hubungi kami jika anda membutuhkan bantuan khusus) 
2).Demonstrative pronoun 
Demonstrative pronoun adalah pronoun yang dipergunakan sebagai kata ganti orang atau benda dengan parameter distance (jarak). Sebut saja demonstrative pronoun adalah kata ganti penunjuk. Kata-kata yang biasa dipergunakan adalah : this (ini untuk singular noun), that (itu untuk singular noun), these (ini untuk plural noun) those (itu untuk plural noun).
Demonstrative Pronoun terbagi menjadi 2, yaitu : Near Demonstrative Pronoun dan Far Demonstrative Pronoun.
Near Demonstrative Pronoun adalah demonstrative pronoun yang dipergunakan untuk jarak dekat. Kata-kata yang dipergunakan adalah : This (ini untuk orang atau benda tunggal/singular jarak dekat) dan These (ini untuk orang atau benda banyak/plural jarak dekat) Contoh penggunaan :
  • This is my car (ini adalah mobil kepunyaan saya) 
  • These are my cars (ini adalah mobil-mobil kepunyaan saya) 
Far Demonstrative Pronoun adalah demonstrative pronoun yang dipergunakan untuk jarak jauh. Kata-kata yang dipergunakan adalah: That (itu untuk orang atau benda tunggal/singular jarak jauh) dan Those (itu untuk orang atau benda banyak/plural jarak jauh) Contoh penggunaan :
  • That is my motorbike (itu adalah motorbike kepunyaan saya) 
  • Those are my motorbikes (itu adalah motorbike-motorbike kepunyaan saya) 

3).Interrogative Pronoun 

Interrogative pronoun adalah pronoun yang dipergunakan sebagai kata ganti sesuatu yang tidak kita ketahui atau untuk mengajukan sebuah pertanyaan. Sebut saja interrogative pronoun adalah kata ganti tanya atau interogasi. Kata-kata yang biasa dipergunakan pada pronoun jenis ini adalah : who, whom, what, why, when, which, where, dan how. Contoh penggunaan :
  • Who (siapa untuk menanyakan tentang orang yang menjadi subject). Contoh : Who is your father? (siapa bapakmu?) 
  • Whom (siapa? untuk menanyakan tentang orang yang menjadi object). Contoh : To whom you have been married? (kepada siapa anda telah menikah?) 
  • What (apa? untuk menanyakan tentang benda atau yang dibendakan). Contoh : What is the title of your article? (apa nama judul dari artikel kepunyaan anda?) 
  • Why (kenapa?) untuk menanyakan tentang alasan). Contoh : Why do you love me? (kenapa kamu mencintaiku?) 
  • When (kapan? untuk menanyakan tentang waktu). Contoh : When will you get married? (kapan kamu akan m?) 
  • Which (yang mana? untuk menanyakan tentang benda agar lebih spesifik). Contoh : Among all these girls, which girl would you like to marry this year? (di antara gadis-gadis ini, gadis yang mana yang ingin anda nikahi tahun ini) 
  • Where (di mana? untuk menanyakan tentang tempat). Contoh : Where is your car? (dimana mobilmu?) 
  • How (bagaimana? untuk menanyakan tentang cara). Contoh : How to make a website? (bagaimana caranya membuat website?) 
4).Reflexive pronoun
Reflexive pronoun adalah pronoun yang dipergunakan sebagai kata ganti subject dalam kondisi ketika subject menerima aksi dari kata kerja pada suatu kalimat. Adapun kata-kata yang biasa dipergunakan adalah : Myself, Yourself, Himself, Herself, Ourselves, Yourselves, Themselves, Itself.  Contoh penggunaan :
  • Myself (diriku sendiri). Subject yang diganti adalah I (saya). Contoh kalimat : Sorry, I will only care for myself now (maaf, aku hanya akan peduli pada diriku sendiri saat ini) 
  • Yourself (dirimu sendiri). Subject yang diganti adalah : You (anda atau kamu seorang). Contoh kalimat : You only care for yourself now (kamu hanya mempedulikan dirimu sendiri saat ini) 
  • Himself (dirinya sendiri). subject yang diganti adalah : He (dia laki-laki). Contoh kalimat : He only cares for himself now (Dia hanya mempedulikan dirinya sendiri saat ini) 
  • Herself (dirinya sendiri). Subject yang diganti adalah : She (dia perempuan). Contoh kalimat : She only care for herself now (Dia hanya mempedulikan dirinya sendiri saat ini) 
  • Ourselves (diri kita sendiri). Subject yang diganti adalah : We (kita atau kami). Contoh kalimat : We only care for ourselves now (kita hanya mempedulikan diri kita sendiri saat ini) 
  • Yourselves (diri kalian sendiri). Subject yang diganti adalah : You (anda atau kamu semua). Contoh kalimat : All of You only care for yourselves now (Kalian semua hanya mempedulikan diri kalian sendiri saat ini) 
  • Themselves (diri mereka sendiri). Subject yang diganti adalah : They (mereka) Contoh kalimat : They only care for themselves now (Mereka hanya mempedulikan diri mereka sendiri saat ini) 
  • Itself (dirinya sendiri). Subject yang diganti adalah : It (itu untuk benda atau untuk dia yang tidak berakal). Contoh kalimat : The monkey only care for itself now (Monyet itu hanya mempedulikan dirinya sendiri saat ini) dan The Sun does not only illuminate itself every day (Matahari itu tidak hanya menyinari dirinya sendiri setiap hari) 
5).Reciprocal pronoun 
Reciprocal pronoun adalah pronoun yang dipergunakan sebagai kata ganti pada kondisi ketika ada dua subject atau lebih menjadi pelaku satu sama lain atas satu kegiatan yang sama. Adapun kata-kata yang biasa dipergunakan adalah each other dan one another. Contoh Penggunaannya :
  • Each other (satu sama lain). Jumlah subjectnya ada 2, dengan kata lain : Pronoun yang dipergunakan sebagai kata ganti pada kondisi ketika ada dua subject menjadi pelaku satu sama lain atas satu kegiatan yang sama. Contoh kalimat : Upin and Ipin saw each other (Upin dan Ipin saling melihat satu sama lain) 
  • One another (satu sama lain). Jumlah subjectnya ada 2 atau lebih, dengan kata lain : pronoun yang dipergunakan sebagai kata ganti pada kondisi ketika ada dua subject atau lebih menjadi pelaku satu sama lain atas satu kegiatan yang sama. Jadi Pronoun yang ini bisa juga dipergunakan seperti Each Other, sebaliknya Each other tidak bisa digunakan seperti One other. Contoh kalimat : Unyil, Ucrit and Usro always help one other (Unyil, Ucrit dan Usro selalu saling membantu satu sama lain) Upin and Ipin saw one other (Upin dan Ipin saling melihat satu sama lain) 
6).Relative pronoun 
Relative pronoun adalah pronoun yang dipergunakan sebagai kata ganti orang atau benda (atau yang dibendakan) yang berfungsi menghubungkan kalimat yang menerangkan noun. Ini mengingatkan saya akan isim maushul pada tata bahasa arab. Adapun kata-kata yang biasa dipergunakan adalah : Who, Which, That dan Whose. Contoh penggunaannya:
  • Who (untuk orang). Contoh kalimat : The man who is walking on the water is C.A.MUBAROK (laki-laki yang sedang berjalan di atas air itu adalah C.A.MUBAROK)
  • Which (untuk benda atau yang dibendakan). Contoh kalimat : I want to meet them which one of them is you (aku ingin bertemu dengan mereka yang mana salah satunya adalah kamu)
  • That (untuk orang, benda atau yang dibendakan). Contoh kalimat : The car that can fly is my car (mobil yang bisa terbang itu adalah mobilku) 
  • Whose (untuk kepunyaan). Contoh kalimat : The girl whose shoes were bitten by the cat yesterday was eating meatballs now (perempuan yang sepatunya digigit kucing kemarin itu sedang makan baso sekarang) 
7).Possesive Pronoun
Possessive pronoun adalah pronoun yang dipergunakan sebagai kata ganti kepemilikan (kepunyaan) baik orang, benda maupun yang dibendakan.
Sebelumnya perlu diketahui, bahwa jika yang kita bahas noun bukan pronoun maka untuk menyatakan kepemilikan adalah cukup dengan menambahkan ‘s pada nama orang yang bersangkutan. Tetapi jika nama orang yang bersangkutan sudah berakhiran huruf s maka tinggal menambahkan (‘) di atas huruf s tersebut menjadi s’. Contoh : Unyil’s book (buku milik Unyil), Agus’ book (buku milik Agus) 
Jika yang kita bahas adalah pronoun bukan noun, maka kata ganti yang biasa dipergunakan untuk menyatakan kepemilikannya adalah : mine, yours, his, her, theirs, ours dan its. Contoh penggunaannya :
  • Mine (Milikku). Contoh kalimat : This book is mine (buku ini adalah milikku) 
  • Yours (Milik Kamu atau Milik Kalian). Contoh kalimat : That book is yours (buku itu adalah milikmu) 
  • His (Milik dia laki-laki seorang). Contoh kalimat : His book is very complete (buku milik dia sangat lengkap) 
  • Her (milik dia perempuan seorang). Contoh kalimat : Her husband is bad (suami milik dia jelek hehe)
  • Their (milik mereka) Contoh kalimat : their sites is bad (situs milik mereka jelek) 
  • Ours (milik kita atau milik kami). Contoh kalimat : This class is ours (kelas ini milik kita) 
  • Its (milik dia yang tidak berakal atau milik benda itu). Contoh kalimat : The horseshoe is its (horse) (sepatu kuda tersebut milik dia) 
8).Indefinite Pronoun 
Indefinite pronoun adalah pronoun yang dipergunakan sebagai kata ganti orang, benda atau hal-hal yang tidak tentu (tidak spesifik).
Pada penggunaannya indefinite pronoun dibedakan menjadi 2, yaitu : 
Untuk manusia : everybody, everyone, anybody, anyone, nobody.
  • Everyone (setiap orang untuk orang) Contoh kalimat : everyone has a heart (setiap orang memiliki satu hati) 
  • Everybody (setiap orang untuk orang) Contoh kalimat : everybody has a country (setiap orang memiliki satu negara) 
  • Anyone (beberapa orang untuk orang) Contoh kalimat : anyone has a car (beberapa orang memiliki 1 unit mobil) 
  • Anybody (beberapa orang untuk orang) Contoh kalimat : anybody have come to me (beberapa orang telah datang kepadaku) 
  • Nobody (tidak ada seorangpun untuk orang) Contoh kalimat : nobody perfect in the world (tak ada orang yang sempurna di dunia ini) 
Untuk benda : everything, anything, nothing.
  • Everything (setiap sesuatu untuk benda) Contoh kalimat : Everything that exists has proven the existence of Allah who has created it (setiap sesuatu yang telah ada telah membuktikan keberadaan Allah Yang telah menciptakannya) 
  • Anything (beberapa benda untuk benda) Contoh kalimat : Anything can be eaten (beberapa benda bisa dimakan) 
  • Nothing (tidak ada sesuatupun untuk benda) Contoh kalimat : There is nothing that I can tell you today (tidak ada sesuatupun yang bisa aku ceritakan kepadamu hari ini) 
Untuk manusia bisa, untuk benda juga bisa : all (semua) dan some (beberapa)
  • All (semua untuk orang dan untuk benda) Contoh kalimat : All my girlfriends have beautiful faces and good behavior (semua teman perempuanku memiliki wajah cantik dan perilaku baik) dan All my cars are expensive and antique (semua mobilku harganya mahal dan antik) 
  • Some (beberapa untuk orang dan untuk benda) . Contoh kalimat : Some of my girlfriends have beautiful faces and good behavior (beberapa teman perempuanku memiliki wajah cantik dan perilaku baik) dan Some of my cars are expensive and antique (beberapa mobilku harganya mahal dan antik). 
Itulah 8 Jenis Pronoun dalam tata bahasa inggris. Semoga bermanfaat

You Are What You Share

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done