Do, Does, Did, Done, Don't, Doesn't, Didn't - WEBSITOES
News Update
Loading...

Senin, 17 Agustus 2020

Do, Does, Did, Done, Don't, Doesn't, Didn't

Do, Did, Done, Does, Doing, Don't, Doesn't, Didn't

Fungsi Do, Does, Did, Done, Don't, Doesn't, Didn't

Do

Do adalah kata kerja infinitive (kata kerja asal atau verb 1) yang artinya mengerjakan. Sebagai infinitive, Do termasuk bare infinitive.
Dalam kalimat bahasa inggris, Do lebih sering dijadikan sebagai primary auxiliary verb (kata kerja bantu primer) daripada dijadikan sebagai main verb (kata kerja utama). Bahkan bisa dikatakan lebih identik dengan ke-auxiliaryverb-annya daripada ke-mainverb-annya.
Sebagai main verb, Do berlaku transitive. 
Sebagai primary auxiliary verb,  fungsi Do adalah membantu main verb dalam kalimat verbal untuk menegaskan tenses main verb. Tensesnya adalah present. Subjectnya adalah I, You, We, They.

Does

Does adalah Do+es. Es adalah huruf tambahan Do ketika Do menjadi kata bantu untuk subjek He, She dan It.
Sama seperti Do, Does lebih sering dijadikan kata kerja bantu (auxiliary verb) daripada main verb dalam kalimat bahasa inggris.
Fungsinya ketika menjadi main verb adalah sebagaimana fungsi Do ketika menjadi main verb. Begitu juga ketika dipergunakan sebagai auxiliary verb, digunakan dalam kalimat present tense. Hanya beda subjectnya saja, yaitu untuk subject He, She dan It.

Did

Did adalah kata kerja bentuk kedua (verb 2) dari Do. Oleh karena Did merupakan verb 2, maka hanya dipergunakan untuk kalimat past tense.
Fungsinya sebagai main verb adalah sebagaimana fungsi Do. Sebagai auxiliary verb, Did dipergunakan untuk semua subjek, yaitu I, You, We, They, He, She dan It.

Done

Done adalah kata kerja bentuk ketiga (verb 3) dari Do. Done hanya dipergunakan untuk kalimat perpect tense.
Fungsinya sebagai main verb adalah sebagaimana fungsi Do. Sebagai auxiliary verb, Done akan selalu didahului kata have/has/had menjadi have done, has done atau had done tergantung subjectnya.

Don't

Don't adalah kependekan dari Do Not, biasa dipergunakan untuk kalimat negatif untuk subject I, You, We dan They. Karena dipergunakan untuk kalimat negative dengan subject You, Don't ini juga jadi biasa dipergunakan untuk imperative larangan.

Doesn't

Doesn't adalah kependekan dari Does Not, biasa dipergunakan untuk kalimat negatif untuk subject He, She dan It. Tidak seperti Don't yang bisa dipergunakan untuk imperative, Doesn't tidak bisa dipergunakan untuk imperative karena subjectnya bukan You.

Didn't

Didn't adalah kependekan dari Did Not, biasa dipergunakan untuk kalimat negatif berwaktu past. Subjectnya sebagaimana subject Did, yaitu I, You, We, They, He, She dan It. Sebagaimana Doesn't, Didn't tidak bisa dipergunakan untuk kalimat imperative karena waktu pekerjaannya sudah lewat.

You Are What You Share

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done