Cara Memindahkan Domain Custom Blog Beradsense di Blogger.com - WEBSITOES
News Update
Loading...

Kamis, 10 September 2020

Cara Memindahkan Domain Custom Blog Beradsense di Blogger.com

Cara Memindahkan Domain Custom Blog Beradsense di Blogger
Tutorial Cara Memindahkan Domain Custom Blog Beradsense di Blogger.com

Artikel Ini Membahas Secara Lengkap Tutorial Cara Memindahkan Domain Custom Blog Beradsense (Sudah Diterima Menjadi Publisher Iklan Google Adsense) di Blogger.com


Contoh kasus : 
Saya ingin memindahkan domain custom blog websitoes.com yang selama ini hosted di justmonetize.blogspot.com ke websitoes.blogspot.com, tujuannya agar menjadi lebih serasi dari aspek nama yaitu "sama-sama bernama websitoes, baik domainnya maupun subdomain blogspot yang dicustomnya".

Bagi saya keserasian seperti ini adalah merupakan bagian dari seni blogging itu sendiri. Hal ini juga bisa berpengaruh pada kontinuitas aktivitas blogging saya kedepannya. Jadi hal ini sangat penting bagi saya.

Masalahnya adalah blog berdomain custom websitoes.com ini sudah beradsense (sudah jadi publisher adsense) pada kondisi masih hosted di justmonetize.blogspot.com, jadi harus hati-hati melakukan step by stepnya, agar setelah saya melakukan proses pemindahan tidak mengakibatkan websitoes.com ini dikick oleh google adsense sehingga harus mengajukan kembali peninjauan kelayakan untuk mengikuti program periklanan google adsense. 
Seperti itu contoh kasusnya.

Jika anda memiliki kekhawatiran seperti itu, sangatlah wajar. Karena konon kabarnya untuk sekedar diterima menjadi publisher adsense saja, banyak blogger harus berjuang mati-matian untuk membuat blog yang layak ngadsense dan juga banyak yang pernah harap-harap cemas sampai tidak enak makan selama berhari-hari sekedar menantikan kiriman pesan surel berisi keputusan tim peninjau google adsense, "antara diterima atau tidak".
Baca Juga : 9 Tips Agar Mudah Diterima Menjadi Publisher Google Adsense
Eh, setelah diterima malah mau pindah rumah. Pindah rumah sebenarnya bukan perkara yang dilarang, hanya saja kecerobohan pada proses pemindahan pada kasus seperti ini bisa saja berujung pada salah satu dari 4 hal berikut ini : 
  1. Menurunkan performa blog di search engine. 
  2. Banyak halaman erorr 404 
  3. Mempengaruhi penilaian kelayakan mengikuti program-program periklanan (termasuk adsense) karena dinilai sebagai blog yang inkonsisten
  4. Bahkan tidak menutup kemungkinan berujung pada banned sebagai sanksi karena dinilai indisipliner 
Warning : Banned merupakan salah satu faktor yang bisa mengakibatkan atau memicu gangguan jiwa bagi mayoritas blogger. Haha.
Nah, bagaimana cara memindahkan domain blog yang sudah beradsense tersebut dengan baik agar selamat dari 4 hal tersebut di atas? Caranya tentu saja tidak seperti migrasi pada umumnya. Kali ini harus ekstra hati-hati. 

Ada 2 Domain blog beradsense yang pernah saya pindahkan :
  1. medsosbook.com (blog lama saya yang sudah tinggal kenangan) dari self hosting di wordpress ke blogspot di blogger. Kemudian dipindahkan lagi dari blogspot di blogger ke self hosting di wordpress
  2. websitoes.com (blog spektakuler ini) blogspot to blogspot di blogger 
Tutorial yang akan dibahas kali ini adalah tutorial yang berdasarkan pada pengalaman saya memindahkan domain websitoes.com yang sudah beradsense dari justmonetize.blogspot.com (.Blogspot A) ke websitoes.blogspot.com (.Blogspot B) Sekarang, saat anda membaca artikel ini, websitoes.com sudah hosted di websitoes.blogspot.com (.Blogspot B), Bahkan artikel ini merupakan artikel perdananya di .Blogspot B, Iklan adsensenya juga tayang seperti saat masih hosted di .Blogspot A.

Berikut ini adalah Tutorial Cara Memindahkan Domain Custom Blog Beradsense (Sudah Diterima Menjadi Publisher Iklan Google Adsense) di Blogger.com dari .Blogspot A ke .Blogspot B :

Step 1 - Pelepasan Sementara Kode Iklan Adsense Blog Domain Custom .Blogspot A

  • Login ke dasboard google adsense. Nonaktifkan iklan otomatis, jika sebelumnya anda mengaktifkan iklan otomatis.
  • Hapus terlebih dahulu semua kode iklan yang disisipkan di semua widget. Proses ini dilakukan di menu layout/tata letak dasboard blogger. 
  • Hapus kode verifikasi iklan dari template blog domain custom .blogspot A, yang biasa disisipkan setelah <head> sebelum </head> 
  • Biarkan Blog Domain Custom .Blogspot A pada kondisi tidak ngadsense seperti ini untuk sementara waktu. Biarkan pada kondisi ini sekitar 1 x 24 jam.
Mengawali proses pemindahan dengan melepaskan kode iklan adsense menjadi sangat penting pada domain blog jenis ini agar perubahan yang terjadi tidak berlangsung pada momentum blog sedang ngadsense. Sehingga apapun perubahan pada blog tidak terjadi pada sesi dimana blog sedang dirayapi bot adsense. Sehingga meminimalisir kemungkinan berujung pada penilaian bot bahwa blog anda telah mengalami suatu kondisi yang tidak disukai bos adsense, atau dinilai indisipliner.

Urutan point 1 2 3 ini sebaiknya tidak dibalik, ini  untuk menghentikan keikutsertaan program periklanan sementara waktu secara dinamis, "santai dan santuy".
saya masih ingat dulu sekitar tahun 2009 waktu masih belajar ngetik komputer dan ngprint kertas : "Jangan menarik kertas ketika printer sedang print out, karena itu ibarat teman wanita anda sedang asyik makan bakso kemudian anda menarik sendok dari mulutnya, teman wanita anda bisa ngamuk kemudian menciptakan sebuah piring terbang dan melemparnya ke muka anda". Begitu juga blog dengan advertisementnya, hehe.

Step 2 - Back Up Data Blog Domain Custom .Blogspot A

  • Back up data Blog Domain Custom .Blogspot A ke perangkat komputer/laptop. Simpan data hasil back up dan jangan langsung diimpor ke .Blogspot B. Simpan saja dulu..
  • Copy semua Link/URL artikel, sebagai antisifasi jika nantinya proses redirect manual one by one diperlukan. Tapi jika anda melakukannya sesuai dengan urutan tutorial yang saya tuliskan ini, saya yakin redirect one by one nantinya tidak diperlukan lagi karena URL di Blog Domain Custom .Blogspot B akan sama nantinya dengan URL di Blog Domain Custom .Blogspot A, Insya Allah.... Oleh karena itu proses back up data harus dilakukan pada saat .Blogspot A masih berdomain custom, dan data hasil back up nya tidak boleh diimpor ke .Blogspot B sebelum .Blogspot B berdomain custom.
  • Copy Html Template Blog Domain Custom .Blogspot A (Pastikan Html yang dicopy tanpa kode adsense) Simpan di komputer/laptop, karena anda akan membutuhkannya nanti.

Step 3 - Pelepasan Domain Custom Blog .Blogspot A

  • Hapus atau Draftkan (Hapus lebih baik) semua konten .Blogspot A pada kondisi .Blogspot A masih ber-Domain Custom. Tujuannya adalah agar ketika domain custom dilepas dari .Blogspot A, URL konten tidak terupdate ke URL blogspotnya, karena itu akan mengakibatkan konten terduplikasi ke URL yang beda dengan URL sewaktu masih berdomain custom. Ini akan menjadi URL tandingan untuk URL yang terdapat pada salah satu data yang diback up dan akan diimpor nantinya di Blog Domain Custom .Blogspot B.
  • Jangan hapus URL apapun di webmaster tool, karena URL Artikel Blog Domain Custom .Blogspot B akan sama dengan URL Artikel Blog Domain Custom .Blogspot A yang sudah pernah disubmitkan ke webmaster tool. Pastikan semua tidak ada yang berubah di webmaster tool. Ini penting diingatkan, karena di luar sana banyak blogger yang menyarankan penghapusan URL di webmaster tool, padahal hal itu tidak sejalan dengan tutorial migrasi kita kali ini. 
  • Login ke DNS Management Webhosting atau registrar, Hapus Cname 2
  • Lepaskan Domain Custom dari .Blogspot A. Nah, sekarang .Blogspot A sudah tidak berdomain custom lagi, sudah menjadi sebuah blog berjudul websitoes tapi dengan URL https://justmonetize.blogspot.com.  
  • Ganti judul blog menjadi Just Monetize
  • Ganti template .Blogspot A dengan template default bawaan blogger.
  • Tidak perlu mengganti atau menyisipkan kode redirect di template klasik, untuk saat ini. Anda mau redirect kemana? Domain anda kan belum ngeblog hehe. Redirect atau pengalihan dilakukan jika diperlukan.
  • Biarkan Domain tanpa blog sementara waktu. Sekitar 1 x 24 Jam.

Step 4 Proses Custom Domain .Blogspot B

  • Login ke .Blogspot B, sebuah blog gratisan yang memiliki url berakhiran .blogspot.com. Contoh : https://websitoes.blogspot.com. Sebaiknya .Blogspot B ini bukan .blogspot yang baru dibuat, melainkan .Blogspot yang sudah berumur. Tujuannya adalah agar baik domain maupun .Blogspot yang dijadikan hostnya sudah sama-sama tidak termasuk kategori masih baby. Pada contoh kasus saya, websitoes.blogspot.com usianya hampir sama dengan websitoes.com, hanya saja pada waktu pertama kali websitoes.com ngeblog saya lebih memilih justmonetize.blogspot.com untuk dijadikan rumahnya. Alasannya panjang...... 
  • Pastikan .Blogspot B kosong tanpa konten apapun.
  • Mari mulai proses custom domainnya dengan mengganti Judul Blog dan deskripsi yang sesuai dengan nama domain yang akan dicustomkan. 
  • Ganti URL .Blogspot B dengan URL domain custom untuk mendapatkan cname baru. Pada contoh saya adalah mengganti websitoes.blogspot.com dengan www.websitoes.com. 
  • Login ke member area webhosting atau registrar untuk menyesuaikan cname baru dan 4 A record di DNS Management. Cara ini adalah Cara yang biasa kita lakukan untuk menyambungkan domain baru ke blogspot (Custom Domain Blogspot) Pada tutorial ini sebenarnya anda hanya perlu mengganti cname 2 nya saja, karena cname 1 (www dan ghs.google.com) dan 4 A Record tidak perlu diupdate. Selengkapnya mengenai cara ini, silahkan baca saja ini : Cara Menyambungkan Domain Baru Ke Blogspot

Step 5 - Penyesuaian Data & Tampilan Blog 

  • Buka Edit Html Template dan pastekan html template Blog Domain Custom sewaktu masih hosted di .Blogspot A. (Pastikan tanpa kode verifikasi publisher adsense) Jadi templatenya template yang seperti sebelum proses pindah/migrasi Domain Custom .Blogspot A ke .Blogspot B
  • Impor Data hasil Back Up. Jika URL artikelnya pendek-pendek, langsung publish saja semuanya. Jika URL artikelnya panjang-panjang, lebih baik tidak cheklist otomatis publish karena biasanya artikel yang URLnya panjang perlu dicustom terlebih dahulu sebelum di publish.
  • Cek semua URL. Jika anda mengikuti urutan tutorial saya ini sejak awal, kemudian menemukan ada URL yang 404, maka letak kesalahannya bukan di tutorial, melainkan pada proses publish otomatis sewaktu impor data (jika anda cheklist otomatis). Biasanya URL panjang akan terpotong menjadi 5 kata. 
  • Lakukan redirect/pengalihan jika itu diperlukan, misalnya untuk memperbaiki halaman 404
  • Submitkan lagi semua URL ke webmaster tool, sekalipun URL tidak berubah. Terutama sitemap.xml

Step 6 - Pemasangan Kode Iklan Adsense

  • Biarkan Blog tidak dipasang kode adsense selama 7 x 24 Jam
  • Selama 7 x 24 Jam pastikan tidak ada kendala pada URL dan hal-hal lainnya yang merupakan bagian dari upaya penyesuaian mengembalikan keberadaan blog pada kondisi layak adsense sebagaimana sebelum dipindahkan.
  • Pasang kode verifikasi publisher adsense pada template di bawah <head> sebelum </head>
  • Sebagai uji coba ngiklan, gunakan terlebih dahulu iklan otomatis......

Selesai 

  • Begitulah Tutorial Cara Memindahkan Domain Custom Blog Beradsense di Blogger.com, semoga bermanfaat
  • Nah, sekarang lihat bagaimana hasilnya? Untuk contoh hasilnya adalah sebagaimana blog ini sekarang. 
Sebenarnya di websitoes.com iklan adsense itu hanya sebatas mempercantik blog, sebagai bagian dari seni blogging, bukan sesuatu yang paling diprioritaskan, tapi juga merupakan salah satu yang mungkin akan tetap dipertahankan. 

You Are What You Share

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done