Cara Mengatasi Notifikasi : "Sebaiknya publikasikan informasi penjual Anda di file sellers.json Google. Buka halaman setelan akun untuk meninjau status visibilitas Anda saat ini." di Dasboard Google Adsense. - WEBSITOES
News Update
Loading...

Jumat, 11 September 2020

Cara Mengatasi Notifikasi : "Sebaiknya publikasikan informasi penjual Anda di file sellers.json Google. Buka halaman setelan akun untuk meninjau status visibilitas Anda saat ini." di Dasboard Google Adsense.

Sebaiknya publikasikan informasi penjual Anda di file sellers.json Google. Buka halaman setelan akun untuk meninjau status visibilitas Anda saat ini
"We encourage you to publish your seller information in the Google sellers.json file. Visit the account settings page to review your current visibility status." / "Sebaiknya publikasikan informasi penjual Anda di file sellers.json Google. Buka halaman setelan akun untuk meninjau status visibilitas Anda saat ini."
Berikut ini adalah Tutorial Cara Mengatasi Notifikasi "We encourage you to publish your seller information in the Google sellers.json file. Visit the account settings page to review your current visibility status." / "Sebaiknya publikasikan informasi penjual Anda di file sellers.json Google. Buka halaman setelan akun untuk meninjau status visibilitas Anda saat ini." di Dasboard Google Adsense :

Step 1 - Lokasi Dasboard Google Adsense

  • Login ke dasboard
  • Klik aksi (otomatis masuk ke menu setelan informasi akun)
  • Pada pilihan opsional visibilitas informasi pemjual, pilih transparan dan ketik di bawahnya websitoes.com
  • Selesai
  • Warning : Jangan klik Tutup Akun (Soalnya saya tidak sengaja klik itu haha)

Step 2 - Lokasi Website/Blog

Ada 2 Jenis website/blog yang umum dimiliki blogger indonesia, yaitu :
  1. Website/Blog yang hosted di Blogger.com
  2. Website/Blog yang hosted di Wordpress.org
Oleh karena itu tutorial ini diprioritaskan untuk Website/Blog yang hosted di Blogger.com dan Wordpress.org

A. Blogger.com

Untuk Website (Blog/WeB log) yang hosted di Blogger.com, tidak ada setup lanjutan untuk dipraktekkan di dasboard blogger sebagaimana praktek penempatan ads.txt yang sebelumnya juga pernah membuat semua blogger sibuk cari solusi cara penyelesaiannya. Cukup dengan step 1 yang tadi sudah dipraktekkan di Dasboard Google Adsense.
Baca Juga : Cara Memindahkan Domain Custom Blog Beradsense (Sudah Diterima Menjadi Publisher Google Adsense) Antar .Blogspot di Blogger.com
B. Wordpress.org
  • Login ke CPanel -> File Manager -> Public Html
  • Klik + File. Ini untuk membuat file baru di public Html dengan nama sellers.json
  • Buat file baru seperti biasa, kemudian isi new file name dengan sellers.json, kemudian isi new file will created in dengan public html. Kemudian klik create new file
  • Temukan file kosong yang baru saja dibuat di public html, kemudian klik kanan pilih edit dan pastekan kode ini : "seller_id": "pub_1234567887654321", "seller_type": "PUBLISHER", "name": "nama situs atau nama publisher", "domain": "situs.com"
  • Save

Step 3 - Cek Hasil Aksi

Untuk pengecekan, ketik saja domainanda.com/sellers.json di search engine. 
  • Jika yang muncul adalah file sellers.json yang sebagaimana anda buat tadi, berarti aksi anda sudah benar.
  • Jika aksi anda sudah benar tapi notifikasi di dasboard adsense belum hilang, berarti aksi anda masih dalam antrian verifikasi.
Itulah Cara Mengatasi Notifikasi "We encourage you to publish your seller information in the Google sellers.json file. Visit the account settings page to review your current visibility status/Sebaiknya publikasikan informasi penjual Anda di file sellers.json Google. Buka halaman setelan akun untuk meninjau status visibilitas Anda saat ini." di Dasboard Google Adsense

Saya sendiri memahami notifikasi tersebut hanya sebagai pemberitahuan dalam konteks anjuran yang memungkinkan kita menentukan langkah optimalisasi yang bersifat opsional, dimana kita dianjurkan untuk memilih membuatnya "transparan" terkait nama bisnis, domain bisnis (jika tersedia), dan ID penayang yang akan muncul di file sellers.json Google guna memberikan kemudahan kepada Advertisor ketika dia memverifikasi situs mana saja yang dia anggap layak menayangkan Ads-nya.

Sellers.json dalam hal ini fungsinya adalah menghadirkan transparansi di dunia  pembelanjaan terprogram, baik kepada penjual maupun pembeli dengan mencantumkan semua identitas penting publisher adsnya. Ini bisa ditafsirkan sebagai langkah lanjutan dari penggunaan ads.txt yang menjamin kepada pengiklan bahwa inventarisnya dijual kepada pihak resmi. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa ini juga dalam rangka google dengan adsensenya sedang giat menarik lebih banyak kepercayaan dari peminat google adsnya, dengan segala ketransparansiannya dan akuntabilitasnya.

Jadi aksi kita dalam hal ini tujuan utamanya adalah demi memanjakan Advertisors agar mereka bisa menentukan pilihan di situs publisher mana saja Ads-nya diharapkan bisa nangkring nantinya.

Apakah benar hal ini berpengaruh terhadap income publisher? sepertinya sangat logis jika ini berdampak serius. Tapi jika dibandingkan dengan dampak ads.txt, saya yakin ads.txt lebih serius dampaknya ditinjau dari aspek :
  • Bahwa ads.txt yang jadi langkah awalnya.
  • Bahwa penyelesaian ads.txt tidak bersifat opsional sebagaimana penyelesaian sellers.json saat ini
Baca Juga : Cara Memperbaiki File Ads.txt di blogger dan wordpress
Bagi saya ini seperti sebuah opsi dalam konteks peluang untuk mempromosikan situs yang dikelola dengan baik ini kepada Advertisors. Dengan menyelesaikan aksi seller.json seolah-olah saya berkata seperti ini kepada para Advertisors : "Wahai semua Advertisors Google Ads di seluruh penjuru dunia, perkenalkan nama saya adalah C.A.Mubarok. Saya adalah seorang Publisher Google Adsense yang potensial, karena saya memiliki sebuah situs berkualitas yang bernama websitoes.com. websitoes.com sangat layak anda pilih sebagai sebuah media yang sangat cocok untuk mempublikasikan produk-produk berkualitas dan bernilai jual tinggi milik kalian. Karena produk google ads berkualitas jodohnya ya tentu saja dia adalah situs publisher  google adsense berkualitas seperti websitoes.com ini. Pilih websitoes.com ya!".
Begitulah kira-kira, Itu menurut saya...

Tapi kita juga jangan lupa, bahwa setiap opsi tentunya memiliki konsekuensi, dan ketika kita memilih transparan berarti kita sanggup dan bersedia menanggung konsekuensinya.

Berapa sih pendapatan anda dari adsense? apakah sebanding dengan apa yang anda berikan? itu mungkin layak dipertimbangkan.

Opsional mas bro, tidak milih transparan juga tidak apa-apa.

Masih berminat jadi Publisher Google Adsense??? 🙈🙉🙊😸
Baca Juga : 9 Tips Agar Mudah Diterima Jadi Publisher Adsense 

You Are What You Share

6 komentar

  1. Kalau sampai klik tutup akun apa resiko dan bagaimana cara mengembalikanya kak..trm ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan dicheklist
      ¤Saya telah membaca dan memahami hal tersebut di atas, termasuk persyaratan dan ketentuan adsense

      dan jangan klik "lanjutkan" yang ada di bawahnya.

      biarkan saja, undo aja atau tutup tab halamannya..

      Jika terlanjur itu sudah diceklist dan diklik bagaimana?
      maka akan ada email konfirmasi,

      abaikan saja emailnya

      Hapus
  2. Sudah coba langkah ke-2 dari tanggal 10 September kemarin, sampai sekarang step ke-3 belum berhasil, masih not found. Di dasbord adsense juga masih muncul. Itu gimana ya?

    Note: Blogcepot

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo blogspot tidak usah dicek hasilnya mas, cukup diubah aja ke transparan

      Hapus
  3. Wah kebetulan saya make Blogger, tapi domain costom Gan, pake cara pertama dah oke sesuai petunjuk, tapi notifikasinya sellers.json nggak ilang-ilang e, dah beberapa hari.

    Butuh berapa lama agar notifikasi sellers.json hilang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting sudah diubah ke transparan kalo domain custom,
      mungkin masih diverifikasi.
      untuk menghilangkan bisa klik abaikan 😁

      Hapus

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done