Mengenal Dasbor Google Drive - WEBSITOES
News Update
Loading...

Sabtu, 17 Oktober 2020

Mengenal Dasbor Google Drive

Mengenal Dasbor Google Drive Versi Dekstop dan Mobile Terbaru Oktober 2020

Setelah anda membaca artikel saya tentang pentingnya mengenal aplikasi Google Drive karena banyak manfaatnya, selanjutnya anda penting mengenal dasbor aplikasi Google Drive tersebut untuk mulai menggunakannya. 

Ada 2 versi dasbor yang akan dibahas pada artikel ini, yaitu dasbor google drive versi dekstop dan versi mobile.

Saya sendiri lebih suka menggunakan versi dekstop, tapi mungkin pembaca lebih banyak yang membutuhkan informasi untuk versi mobile, oleh karena itulah saya akan membahas keduanya : dekstop dan mobile.

Versi mobile = versi android, sedangkan versi dekstop sama dengan versi laptop.

Ada apa saja di dasbor google drive? dan apa saja fungsinya? Simak baik-baik....

A. Mengenal Dasbor Google Drive Versi Dekstop

Ini adalah tampilan gambar terbaru dasbor salah satu akun Google Drive pada laptop spektakuler milik saya.

mengenal-dasbor-google-drive-versi-dekstop

01). +Baru

Fungsi +Baru jika diklik adalah untuk menambahkan sesuatu yang baru di Google Drive, misalnya : 

  • Menambah folder baru
  • Upload file baru
  • Mengapload folder berisi file-file dari dari komputer atau perangkat android
Bisa juga untuk menambahkan file yang dibuat atau dihasilkan dengan produk google lainnya, seperti :
  • Google Dokumen
  • Google Spreadsheet
  • Google Slide
  • Google Formulir
  • Google Gambar
  • Google My Maps
  • Google Site
  • Anyfile Notepad
  • Google Jamboard
  • Skrip Google Apps
  • dan lain sebagainya
Namun aplikasi-aplikasi produk google lainnya tersebut sebelumnya harus didownload oleh perangkat kita dan disinkronkan dengan google drive ini. Sebenarnya cara ini juga bisa dijadikan salah satu langkah awal untuk sinkronisasi. 

Dengan kata lain, dalam hal ini google drive bisa dijadikan sebagai produk google tempat menyimpan file yang dihasilkan dengan produk google lainnya. Katakanlah "gudang penyimpanan bersama".

02). Drive Saya

Fungsi Drive Saya ini jika diklik adalah untuk menampilkan file-file dan folder-folder yang pernah anda buat dan pernah anda simpan sebelumnya.

03). Dibagikan kepada saya

Jika sebelumnya pada Drive Saya anda dapat menemukan sejumlah file dan folder yang pernah anda simpan sendiri, di menu Dibagikan kepada saya ini anda akan menemukan sejumlah file dan folder pemilik akun lain yang file dan foldernya diperlihatkan kepada anda. Seperti :

  • File dan folder yang linknya pernah dishare di sebuah artikel, kemudian anda mendownload dan menyimpannya ke Google Drive.
  • Atau anda tidak mendownloadnya, tapi anda diundang oleh pemiliknya untuk bisa mengeditnya atau sekedar bisa melihatnya saja.
Jadi file dan folder yang anda temukan di menu ini adalah hasil karya orang lain yang anda diberi izin untuk mengaksesnya. Dalam hal ini, anda juga bisa melakukan hal yang sama dimana anda bisa memberi izin akses kepada pemilik akun lain terhadap hasil karya anda jika anda menginginkannya.

04). Terbaru

Jika pada menu Drive Saya anda bisa menemukan semua file dan folder yang pernah anda simpan dengan urutan yang bahkan anda sendiri bisa menyortirnya (sorted by), yang ditampilkan di menu ini adalah sejumlah file dan folder dengan urutan terbaru disimpan atau disinkronkan.

Jadi isi yang ada di menu ini sama dengan yang ada di Drive Saya, hanya saja yang ini diurutkan sesuai dengan urutan terbaru.

05). Berbintang

Fungsi Berbintang ini jika diklik adalah hanya untuk menampilkan file yang pernah diperlakukan oleh anda secara khusus, yaitu ditandai dengan tanda bintang. Biasanya ini file penting anda.

06). Sampah

ini untuk menampilkan file yang pernah anda hapus dari Drive Saya

Menurut pemberitahuan google terbaru, kedepannya file-file yang ada di folder sampah ini akan dibersihkan secara permanen. Aturan barunya tersebut diberlakukan mulai 13 Oktober 2020.

07). Penyimpanan

Fungsi menu Penyimpanan ini adalah untuk menampilkan  status penggunaan penyimpanan yang sudah anda gunakan dari 15 GB penyimpanan gratis yang sudah disediakan secara gratis oleh google kepada semua pemilik akun google.

Mengenai "Beli penyimpanan", itu adalah pintu menuju Google One. Google One adalah tempat membeli penyimpanan ekstra. 

Jadi jika anda ingin memory penyimpanan yang lebih dari 15 GB, anda bisa membelinya di Google One ini.

Perhatikan harga penyimpanan yang ditawarkan di sana : 15 GB Gratis, 100 GB 26900/bln, 200 GB 43000/bln, 2 TB 135000/bln.

Tapi jika penggunaan Google Drive kita hanya dipergunakan untuk menyimpan file dan folder kebutuhan sehari-hari secara personal, saya yakin 15 GB sudah cukup, tidak perlu upgrade ke penyimpanan yang berbayar yang ditawarkan di Google One. Tapi itu menurut saya.

08). Ikon (?)

Ikon (?) ini berada di bilah atas dasbor, di samping kotak penelusuran. Jika diklik ikon ini fungsinya adalah untuk menampilkan :

  • Bantuan : hal-hal terkait pemecahan masalah atau solusi dan panduan.
  • Pelatihan : Ini menuju ke suport google, lebih spesifiknya ke pusat pembelajaran dan pelatihan penggunaan Google Drive.
  • Update : Ini untuk mengetahui info-info terbaru tentang Google Drive. Karena biasanya Google selalu mengupdate info tentang produk-produknya, termasuk untuk Google Drive ini.
  • Persyaratan dan kebijakan : Jika anda klik ini, anda akan du bawa ke suport google untuk membaca tentang persyaratan dan kebijakan google terkait Google Drive.
  • Kirim masukan : Ini untuk mengirim saran atau masukan kepada google, misalnya untuk pengembangan Google Drive agar menjadi lebih baik kedepannya.

09 ­čöŹTelusuri di Drive

Kotak penelusuran berikon ­čöŹTelusuri di Drive ini fungsinya sebagai kotak pencarian. Fungsi ikon seperti ini sebenarnya tidak perlu saya bahas lebih jauh kan? karena biasanya di semua situs juga ada. Termasuk di WEBSITOES.COM ini.

Itu ikon pencarian lokal atau sektoral, dimana hasil pencarian yang ditampilkan adalah hanya isi yang tersedia di situs tersebut. Tidak ke search engine.

10). Ikon roda 

Ikon roda di dasbor Google Drive versi dekstop bukan hanya untuk menampilkan setelan general, melainkan juga untuk menampilkan pintasan keyboard dan download drive versi dekstop untuk disinkronkan dengan laptop.

Setelan yang bisa diatur dari menu ikon roda ini antara lain :

  • Setelan penyimpanan.
  • Setelan konversi file yang diupload ke format yang didukung google dokumen
  • Setelan bahasa aplikasi.
  • Setelan mode offline, dimana anda nantinya bisa membuat, membuka dan mengedit file Google dokumen, Google Spreadsheet dan Google slide di perangkat laptop secara offline tanpa menggunakan kuota.
  • Setelan kerapatan item yang ada di dasbor.
  • Setelan saran. Saran di sini mungkin maksudnya saran penggunaan aplikasi yang tersedia, sesuai, mendukung dan kompetibel dengan Google Drive.
  • Setelan notifikasi. Di sini anda bisa memilih untuk mendapatkan notifikasi dari Google Drive melalui aplikasi anda yang mana, browser atau email. 
  • Setelan aplikasi. Di sini anda bisa mengatur tentang aplikasi apa yang ingin disinkronkan dengan akun aplikasi Google Drive anda. Anda bisa memilih menceklis aplikasi yang sudah terdeteksi atau menambahkan aplikasi baru untuk disinkronkan.

11). Ikon kotak-kotak 

Ikon kotak-kotak atau tampilan kisi-kisi. Ikon kotak ini jika diklik aka berubah menjadi ikon daftar isi.

Ini untuk mengubah tampilan item-item file dan folder yang ditampilkan di area item.

Mode kisi atau daftar isi, begitu.

12). Kalender

Jika saat anda membuka Google Drive anda lupa tanggal berapa dan jam berapa hari ini, anda bisa klik ikon kalender ini.

13). Ikon Lampu kuning (Google keep)

Ikon ini ada untuk membuka catatan di Google Keep. Jika anda pernah menulis di Google Keep, maka catatan tersebut akan muncul di sini. 

Anda juga bisa menulis catatan di sini untuk ditampilkan di Google Keep.

14). Ikon Tasks

Ini untuk membuat dan menambahkan tugas

Sebenarnya no 12, 13 dan 14 ini hanya fitur-fitur pelengkap dan pengingat. "pemanis drive". Bukan fitur penting, dimana anda menggunakannya hanya jika dibutuhkan.

Bukankah semua difitur yang ada di handphone kita juga tidak semuanya harus digunakan? begitula dengan ikon-ikon ini, tidak dipergunakanpun tidak besar berpengaruhnya.

Begitu juga dengan ikon yang ada di bawahnya yaitu ikon +

15). Ikon +

Ikon + ini jika diklik akan menampilkan aplikasi-aplikasi tambahan sebagai pelengkap atau pemanis Google Drive sepertihalnya nomor 12, 13 dan 14 yang tadi sudah di jelaskan

Jadi pada dasbor Google Drive versi dekstop yang paling penting dipahami adalah penggunaan Menu dan Ikon yang ada sidebar kiri bukan sidebar kanan. 

Oleh karena menu dan ikon penting adalah yang terdapat di sidebar kiri Google Drive bukan yang kanan, maka pada versi mobile yang muncul adalah menu-menu dan ikon-ikon sidebar kanan versi dekstop.

Selanjutnya, mari kita Mengenal Dasbor Google Drive Versi Mobile

B. Mengenal Dasbor Google Drive Versi Mobile

Ini adalah gambar tampilan dasbor google drive di android spektakuler milik saya.

mengenal-dasbor-google-drive-versi-mobile

01). Terbaru

Jika diklik menu Terbaru ini akan menampilkan file-file dan folder terbaru yang pernah anda buat sebelumnya. Ini sama dengan nomor 04 pada versi dekstop yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

02). Offline

Anda tidak akan menemukan file apapun di menu ini, jika sebelumnya anda tidak pernah memilih opsi sediakan saat offline pada menu opsional file tertentu. 

Ini mirip dengan menu Berbintang, dimana harus ada aksi sebelumnya pada masing-masing file.

Jika anda membuka Google Drive versi dekstop, pemilihan opsi "sediakan saat offline" terdapat pada setelan umum/general.

03). Sampah

Sebagaimana sudah dijelaskan pada versi dekstop, ini untuk menampilkan file yang pernah dihapus dari Drive Saya

Kembali saya mengingatkan anda, bahwa mulai Oktober 2020 Google mengumumkan akan membersihkan file-file dari folder sampah ini secara permanen.

04).Notifikasi 

Ini berisi notifikasi terkait aktivitas di akun Google Drive anda. Kapan anda akan mendapatkan notifikasi? misalnya ketika ada pemilik akun Google Drive lain yang mengundang atau bersedia memenuhi permintaan anda berbagi file untuk diakses.

Sepertihalnya 02 Offline, pada mode/versi dekstop pengaturan notifikasi bisa anda temukan di menu setelan

Anda juga bisa memilih melalui saluran mana anda ingin mendapat notifikasi aktivitas Google Drive, cukup di browser atau masuk ke pesan email atau keduanya. Ini tergantung anda.

05).Cadangan

Ini adalah pintasan pengaturan akun cadangan yang sebenarnya juga ada pada pengaturan di menu setelan. Bedanya dengan yang di menu setelan, anda langsung disuguhi opsi "ubah".

06). Setelan

Apa saja yang bisa disetel pada dasbor google drive versi mobile?

  • Tingkatkan penyimpanan : termasuk opsi untuk upgrade memory yang akan membawa anda ke Google One untuk membeli penyimpanan berbayar di atas 15 GB
  • Notifikasi : Jika anda mengklik setelan notifikasi, isinya sama dengan setelan notifikasi yang ada pada setelan aplikasi android anda. Jadi tergantung anda lebih suka mengaturnya dari mana, dari setelan android atau setelan ini. Hasilnya sama saja.
  • Pencadangan otomatis untuk aplikasi : Ini juga sama, terintegrasi dengan setelan cadangkan dan reset yang ada di android anda. 
  • Tema : Tersedia 2 tema, ada mode terang dan ada mode dark (gelap) silahkan ganti sesuai selera. 
  • Cache : bersihkan cache dan ukuran cache. Untuk membersihkan cache, biasanya juga bisa dari setelan aplikasi android. Untuk ukuran cache, tentunya akan berpengaruh pada android dengan kapasitas kecil. Saran saya, buat tetap default aja.
  • Penggunaan data : Defaultnya untuk transfer menggunakan wifi, jika anda raja kuota ganti dong hehe.
Secara umum untuk Setelan Dasbor Google Drive Versi Mobile, terintegrasi langsung dengan android anda.

  • Bisa berpengaruh ke ram
  • Bisa berpengaruh ke kuota
Hati-hati aja, jangan keliru menyetel setelannya.

07). Bantuan & Masukan

Untuk bantuan, biasanya terdapat petunjuk penggunaan dan solusi atau pemecahan masalah tertentu.

Untuk masukan, seperti biasa, pada produk-produk google memang ini selalu ada. Tujuannya mungkin untuk pengembangan produk kedepannya agar menjadi lebih baik

08). Ikon +

Ini untuk menambahkan file, folder, foto pindai, dokumen google dokumen, dokumen google spreadsheet dan google slide.

09). Ikon Koper 

Ini untuk melihat file-file dan folder-folder yang pernah anda buat

10). Ikon orang

Ini untuk menampilkan file pemilik akun lain yang telah berbagi akses dengan anda

11). Ikon Bintang

Ini untuk menampilkan file berbintang anda. File-file penting yang ada di ikon koper yang menurut anda penting dan ditandai jadi berbintang.

12). Ikon Rumah

Ini homepag atau beranda, alias halaman awal dasbor aplikasi Google Drive versi mobil anda.

Karena aktifitas yang akan paling sering dilakukan semua pengguna Google Drive adalah menyimpan file, membagikan file dan mendownload file yang linknya merujuk ke Google Drive, maka selanjutnya saya juga akan membahas :

You Are What You Share

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done