Cara Kerja Iklan Google Adsense

Banyak blogger pemula bertanya tentang bagaimana cara kerja iklan google adsense. Baiklah, saya akan menjelaskannya.

cara-kerja-iklan-google-adsense

Cara kerja iklan google adsense sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara kerja jasa, dimana publisher bisa mendapat income setelah ikut berkontribusi. 

Apa yang dikontribusikan publisher Sebagaimana namanya, "publisher" berarti penayang. Mereka berkontribusi ikut menayangkan iklan yang dikelola oleh perusahaan iklan besar milik Google yaitu Google Adsense. 

Sumber iklan adsense itu dari mana? sebagian besar iklan berasal dari iklan Google Ads. Sebagian lagi bersumber dari perusahaan yang bermitra dengan Google.

Apakah iklannya aman? tentu saja. Perusahaan besar sekelas Google tentu mampu menjaga semua iklan aman ditampilkan. 

Apakah iklannya ramah pengunjung? Sangat ramah pengunjung, bahkan setau saya prioritas program adsense adalah kenyamanan pengunjung. Iklan yang tampil bahkan sangat sesuai dengan minat dan kebiasaan selancar pengunjung.

Ada berapa kategori iklan yang bisa ditayangkan oleh publisher? Sangat banyak. Semuanya sangat mungkin bisa ditayangkan, terutama jika publisher tidak melakukan filter dan menggunakan model iklan otomatis.

Apakah publisher bisa melakukan personalisasi terhadap iklan-iklan yang ditayangkan? Bisa. Publisher bisa membuat personalisasi iklan baik secara global maupun spesifik terhadap unit iklan tertentu.

Ada berapa jenis unit iklan yang saat ini tersedia? 8 unit : iklan display, iklan in article, iklan link, iklan penelusuran, iklan native, iklan anchor, iklan vinyet dan iklan yang disesuaikan.

Iklan display itu apa? iklan berupa gambar dengan berbagai ukuran : responsive dan ukuran tertentu. Iklan display terkadang juga hanya berisi teks. Dulunya iklan display dan iklan teks ini kategori yang berbeda, sekarang iklan teks termasuk kategori display.

Apa itu iklan in article? in article sebagaimana namanya berarti iklan di dalam article yang tampilannya sangat mirip dengan gambar artikel bercaption dan berdescription. model ini sangat natural mirip artikel.

Apa itu iklan link? Iklan yang tampil mirip menu bertingkat. Iklan ini biasanya sangat menyesuaikan dengan isi artikel. 

Apa itu iklan penelusuran? unit iklan pencarian yang mirip search engine google, berupa kolom dan ikon cari kaca pembesar. Unit iklan seperti ini bisa digunakan pengunjung untuk mencari alternative artikel. Publisher juga bisa membuat settingan tentang hasil pencarian : bisa disetting tetap di blog publisher dengan hanya menampilkan hasil yang tersedia secara internal atau bisa diarahkan ke pencarian global dengan menampilkan hasil yang lebih luas seperti search engine utama.

Apa itu iklan native? iklan native merupakan unit iklan yang tampil di antara artikel, biasanya di homepage. Ini bisa jadi artikel alternative bagi pengunjung. Tampilannya sangat mirip dengan tampilan artikel di homepage. Publisher juga bisa membuat setup tampilan yang diinginkan di dasboard adsense.

Apa itu iklan anchor? iklan anchor adalah iklan yang menempel pada bilah atas blog, di atas header. Atau bisa juga menempel di bawah footer. Iklan seperti ini akan muncul sekalipun pengunjung melakukan scroll halaman.

Iklan vinyet itu apa? iklan yang tampil menutup layar dan dapat ditutup oleh pengunjung dengan mengklik tanda x yang ada di sudut kanan atas iklan tersebut atau dengan klik undo pada handphone pengunjung. Ukurannya menutup semua ruang tapi tidak mengganggu karena mudah meniadakannya dengan cara tadi itu.

Apa itu iklan yang disesuaikan? tampilan iklan yang mirip dengan related posts/iklan terkait. iklan seperti ini biasanya tampil setelah komentar artikel dengan pembahasan yang mirip dengan yang dibaca oleh pengunjung.

Pada dasarnya semua iklan ramah pengunjung, oleh karena itulah sangat diminati oleh hampir semua blogger. 

Publisher bisa mendapat income jika pengunjung blog mengunjungi situs yang tercantum pada iklan-iklan tersebut. Aturan baru adalah bahwa hanya pengunjung dari search engine yang kliknya dinilai valid, sementara yang berasal dari referal media sosial dianggap tidak valid. Jadi tidak semua klik menghasilkan income bagi publisher.

Bagaimana dengan harga perklik, apakah sama di tiap blog/web publisher? cost tiap klik bisa berbeda tiap situs.

Apa yang mempengaruhi perbedaannya? banyak yang membuatnya berbeda, antara lain :
  • Trafic pengunjung. Cost untuk klik di blog yang pengunjung hariannya ribuan lebih mahal daripada blog yang pengunjung hariannya ratusan, apalagi cuma puluhan.
  • Fokus pembahasan blog. Niche atau fokus pembahasan blog sangat berpengaruh terhadap cost. Sebagai contoh : klik di blog yang fokus pembahasannya tentang produk teknologi lebih mahal daripada di blog yang fokus pembahasannya pengetahuan.
  • Unit iklan. Unit iklan display lebih mahal daripada unit iklan link.
  • Lamanya pengunjung mengunjungi situs yang tercantum pada iklan. Pengunjung yang lama mengunjungi situs yang dipromosikan dalam iklan lebih berpotensi menghasilkan nilai klik yang lebih besar daripada pengunjung yang langsung kembali. Dapat dipahami, bahwa pengunjung yang sengaja mengklik potensinya lebih memungkinkan berlama-lama di situs yang dipromosikan daripada pengunjung yang tidak sengaja mengklik, karena umumnya mereka langsung kembali.
  • Penempatan iklan. Klik pada iklan di bilah atas blog lebih mahal daripada klik pada iklan yang ditempatkan di bilah bawah blog. Makanya jarang ada pemilik blog yang menempatkan iklan adsense di bagian footer atau atas footer.
  • Perbedaan wilayah asal pengunjung. Klik pengunjung luar negeri lebih mahal daripada klik pengunjung yang berasal dari dalam negeri. Terutama jika itu berasal dari wilayah eropa dan amerika. Bisa difahami, bahwa jika tetangga dari kampung halaman mengklik iklan di blog, costnya sangat kecil. Makanya saya malas promosi blog ke kampung halaman, buat apa? hehe. Paling cost per kliknya cepe hehe.
  • Kualitas blog publisher. Ini termasuk di dalamnya DA dan PA. Blog yang domain authoritynya tinggi tentu lebih berpotensi dan lebih mendapat kepercayaan pengiklan daripada blog dengan domain baru sekalipun artikelnya bagus. Kualitas blog bukan hanya sebatas itu, kecepatan juga berpengaruh. Lihat saja, banyak developer yang menawarkan high ctr theme dengan kecepatan yang jadi prioritasnya. 
  • Dan lain sebagainya.
Dari sekian banyak pembeda nilai cost, menurut saya yang paling berpengaruh adalah trafic dan niche (fokus pembahasan). Blog baru dengan low trafic dan niche gado-gado saya yakin cost klik nya sangat kecil.

Semua iklan akan tampil hanya jika publisher sudah menaruh kode pub di halaman blog, dengan cara : menyisipkannya langsung di template blog atau jika blognya di wordpress bisa menggunakan plugin. Banyak pluginnya untuk itu.

Sementara untuk unit iklan, publisher juga harus menaruhnya secara manual di bagian tertentu pada halaman blog.
  • Bisa mengunjungi menu tata letak jika di blogger, kemudian mempastekan kode unit iklannya di widget html
  • Bisa mrngunjungi menu tampilan jika di wordpress, kemudian mempastekan kode unit iklannya di widget html.
  • Bisa dibantu plugin jika di wordpress. Penempatannya menggunakan plugin bahkan lebih bagus, karena setiap plugin ads biasanya sekaligus membantu mengoptimalkan tampilan iklan nantinya.
  • Bisa juga disisipkan langsung pada template. Template premium biasanya sudah suport untuk penempatan kode.

Jika iklan sudah tampil, kemudian ada pengunjung yang mengklik, untuk mengetahui berapa penghasilan dari klik tersebut publisher bisa melihat pelaporannya secara berkala di beranda dasboard adsense. Review di pelaporannya sangat lengkap termasuk jumlah klik, besaran cost per klik dan lain sebagainya.

Begitulah cara kerja iklan google adsense. Sepertinya penjelasan singkat ini cukup bagi anda yang baru berminat mengikuti programnya. Karena penjelasan lengkapnya tentu nanti juga akan tau sendiri setelah resmi terdaftar jadi publisher adsense.

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon